Friday, February 22, 2013

MAKANAN DAN MINUMAN PENURUN KOLESTEROL

BAWANG PUTIH

Konsumsi bawang putih setengah sampai satu siung sehari secara kontinyu selama satu bulan, mampu menurunkan kolesterol sebanyak 9%. Harap dosisnya diperhatikan benar! Jika terlalu banyak, tidak baik bagi kesehatan. Mengonsumsi lebih dari tiga siung setiap hari dapat menimbulkan diare, kentut, sebah, dan demam. Bahkan bisa memunculkan pendarahan pada lambung.

Salah satu zat antikolesterol paling kuat pada bawang putih adalah ajoene. Senyawa ini juga dapat mencegah penggumpalan darah. Walau bawang putih dimasak, kandungan senyawa ini tidak rusak. Pada 1981, peneliti dari pusat riset obat-obat di Tagore Medical College, india, melaporkan efek bawang putih mentah dan goreng yang diuji cobakan pada 20 pasien dengan riwayat penyakit jantung. Menurut laporannya terdapat pengurangan kecenderungan pembentukan bekuan darah pada pembuluh darah mereka. Ini ditunjukkan oleh aktivitas fibrinolik yang meningkat. Penelitian juga mengemukakan, khasiat memang sedikit berkurang bila bawang digoreng, tapi tidak terlalu bermakna. Jadi pandangan umum yang menyatakan bawang putih akan kehilangan efeknya bila dimasak adalah salah.

Khasiat bawang putih jika bergantung pada tempat tumbuhnya. Bawang putih yang tumbuh ditanah kaya selenium akan mengandung selenium yang tinggi pula, sehingga manfaatnya sebagai obat anti penuaan akan lebih berasa.

Fifinella, Vella. 2009. Awas, Bahaya Laten Kolesterol. Penerbit Azna Books