Saturday, June 2, 2012

CONTOH KATA-KATA MODERATOR YANG BAIK

Pembukaan 


Tugas pertama Moderator adalah membuka jalannya presentasi, diskusi, seminar, lokakarya. Sebagai contoh saya sajikan kalimat pembuka sebagai berikut :

Selamat Pagi….Ass. Wr. Wb…..

Baiklah Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu, marilah kita buka pertemuan pagi ini dengan terlebih dahulu mengucap puji syukur kehadlirat Tuhan YME…..

Ucapan Selamat Datang Peserta

Tugas berikut adalah mengucapkan selamat datang pada peserta. Disini upayakan agar peserta mendapat kesan yang menyenangkan terhadap acara presentasi sekaligus sedikit memberi kesan bahwa Anda adalah seorang moderator yang baik. Contoh kalimatnya adalah

Selamat datang bagi para eksekutif muda yang hadir dalam acara Diskusi yang menarik ini dan dilaksanakan di gedung yang juga ekslusif, yaitu…..

Uraian singkat latar belakang dan tujuan presentasi

Diskusi yang menarik ini dilatarbelakangi oleh adanya keprihatinan kita pada……..Oleh karena itu, diskusi kita hari ini akan bertujuan untuk…..

Perkenalan Penyaji dan Tema Presentasi

Untuk menyemarakkan acara diskusi, sengaja kami undang seorang pakar…….bernama…….beliau lahir di…….jabatan yang pernah disandangnya adalah…..Dan hari ini Beliau telah siap dengan makalahnya yang bertajuk…………..Untuk memperlancar kegiatan presentasi kali ini, saya (nama modertor) akan berusaha memandu acara sampai selesai….

Penentuan waktu dan mekanisme tanya jawab

Waktu yang diatur meliputi waktu presentasi dan pengaturan sesi tanya jawab, termasuk alokasi waktu serta jumlah sesi yang akan direncanakan. Contohnya

Agar diskusi kita berjalan dengan lancar, maka penyaji akan kita persilakan untuk menyajikan makalahnya selama…..menit. Sedangkan untuk sesi tanya jawab akan kita beri waktu selama……menit, setelah Bapak…….menyajikan makalahnya.

Mengundang Pembicara menyajikan presentasi


Contohnya….Saya persilakan pakar kita, Bapak…..menyajikan makalahnya……

Rangkuman umum inti presentasi penyaji

Rangkuman presentasi yang mungkin sering Anda lihat di televisi adalah pada akhir kegiatan…tetapi ada manfaat khusus jika moderator menyampaikan kesimpulan setelah presenter menyajikan makalah, yakni untuk menarik peserta buat memberikan pertanyaan…terutama jika presenternya monoton, terlalu teks book atau secara umum kurang baik dalam menampilkan makalah. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

Demikianlah sajian yang menarik dari Bapak……Sajian tadi saya yakin akan merangsang kita untuk berfikir arti pentingnya…… Jalan keluar yang ditawarkan antara lain adalah………….

Mengundang pendengar untuk bertanya

Untuk memperjelas makalah yang telah disajikan, kami undang Bapak dan Ibu untuk memberikan pertanyaan. Untuk kesempatan pertama, kami akan buka termin pertama dengan 3 penanya…..Mohon Bapak – Ibu menyebutkan nama dan asal instansi sebelum mulai bertanya…..serta mohon agar pertanyaan yang diberikan singkat, tepat sasaran. Kami persilakan…..

Ucapan terimakasih kepada penyaji dan pendengar

Terima kasih atas Bapak…..yang telah sudi membagi sedikit pengalamannya pada acara diskusi hari ini…..Rasa terimakasih juga saya sampaikan kepada para hadirin sekalian, utamanya atas partisipasi aktif selama diskusi berlangsung….

Moderator menutup presentasi

Tutup dengan ucapan yang bersemangat atau kalimat-kalimat yang bernada optimis atas pemecahan masalah yang telah didiskusikan. Contohnya….

Kita tutup diskusi kita hari ini dengan ucapan Semoga Indonesia tetap maju…..serta tepuk tangan untuk kita semua……

20 komentar

pas artikelnya utk saya yg lagi belajar bicara

monggo mampir ke warung ane "PROGRAM BENSIN 3000/ltr"

Terima kasih ya.. sangat berguna

It's a regional ritual business to decline a gift three times before accepting it. This is good news for me, elicited a kind of promotion for a particular application.

Here is my web site - internet marketing tool

ngga biasa aja
kalau tiap kali w presentasi ke depan kelas
kata-katanya ngga usah lebay kaya gitu udah
biasa aja apa adanya lebih baik lo menurut apa
yg ada dikepala kamu coba pasti kamu lebih baik dari yg diatas aku
yakin

Makasih bro / Sis ... sangat membantu

sip,baru ketemu yang pas nie...makasih gan atas share nya!

sangat menarik ......

terimakasih , sangat bermanfaat :)

sangat membantu

thank you yaa sob untuk postingan-nya, ane terbantu skali dengan postingan ente

Bagus Membantu Sekali

This comment has been removed by the author.

Kini Muncul Kotak Komentar Buat anda yang ingin mengemontari artikel Analisis Kesehatan. komentar langsung terbit Blog DeFollow...
EmoticonEmoticon