Tuesday, May 29, 2012

penyebab atau gejaladari penyakit Neisseria Meningococcus dan Neisseria Gonorrhoeae


Bakteri adalah mahkluk hidup yang sangat kecil dan hanya dapat lihat oleh mikroskop. Dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari manusia selalu berhubungan dengan jasad renik dari alam dunia yang tak terlihatoleh mata biasa tersebut.

Jika manusia mendapat kesempatan untuk melihat dunia yang ada di bawah pandang sebuah lensa mikroskop yang kuat, akan terlihat sebuah dunia yang baru, seperti halnya jika kita memperhatikan dunia tumbuhan dan hewan. Dunia baru tersebut dihuni oleh berbagai jasad renik yang demikian kecilnya sehingga dalam setetes air atau susu pun kita dapat menemukan beribu-beribu atau berjuta-juta jasad renik. organisme tersebut dapat membuat orang sehat menjadi sakit, benda-benda keras menjadi lunak, makanan yang baik menjadi tidak sedap,berbau dan tidak aman untuk dikomsumsi,dsb. Untuk itu pengetahuan tentang bakteri sangat penting bagi kehidupan manusia.

Family Neisseriaceae mencakup special Neisseria dan Moraxella (Branhamella) catarrhalis disamping spesies Acinetobacter, Kingella dan Moraxella. Neisseria adalah coccus gram negative yang biasanya tampak berpasangan. Neisseria gonorrhoea(gonokokus) dan Neiserria meninngitidis (meningokokus) bersifat patogen pada manusia, bakteri-bakteri ini secara khas ditemukan bersama atau didalam sel polimorfonuklir. Beberapa Neisseria merupakan penghuni normal pada saluran pernapasan manusia, jarang menimbulkan penyakit, dan hidup diluar sel (ekstraseluler).

Gonokokus dan meningokokus memiliki hubungan yang erat, dengan 70% homologi DNA, keduanya dibedakan dengan beberapa tes labortaorium dan sifat khasnya. Meningokokus jarang memiliki plasmid, sedangkan Gonokokus punya. Yang terpenting, kedua spesies ini dibedakan olegh gambaran klinis umum dari penyakit yang ditimbulkannya. Meningokokus secara khas ditemukan di saluran pernapasan abgian atas dan menyebabkan meningitis, sedangkan gonokokus menyebabkan infeksi saluran kelamin.

Ciri khas Neisseria adalah diplococcus gram negatife, tak bergerak, diiametrnya kira-kira 0,8 µm. Bila sendiri-sendiri, coccus berbetuk seperti ginjal, bila organism ini terlihat berpasangan bagian yang rata atau vekung saling berdekatan.

Gonokokus dan Meningokokus paling baik tumbuh pada perbenihan yang mengandung zat-zat organic kompleks seperti darah yang dipanaskan, hemin atau protein hewan dan dalam atmosfer yang mengandung C02 5%. Bakteri ini dengan cepat mati oleh pengeringan, sinar matahari, pemanasan basah dan berbagai desinfektan.

Kini Muncul Kotak Komentar Buat anda yang ingin mengemontari artikel Analisis Kesehatan. komentar langsung terbit Blog DeFollow...
EmoticonEmoticon