Wednesday, December 19, 2012

Perlu di perhatikan 8 Paling Fatal Sesudah Makan

Kita tahu makan minum yang tidak sehat mungkin akan menyebabkan penyakit yang menakutkan, namun, acap kali kita juga sering mengabaikan beberapa kebiasaan kecil sehabis makan, dan diluar dugaan kebiasaan hidup yang tidak baik ini besar kemungkinan menjadi “pembunuh” yang sewaktu-waktu menimpa kita. Jagalah kesehatan Anda...
1 . Makan buah-buahan
Kebiasaan makan buah setelah makan ternyata adalah kebiasaan yangkeliru. Setelah makanan masuk ke lambung, lambung membutuhkan waktu 1-2jam untuk mencerna, jika seusai makan lalu menyantap buah, buah akanterhambat oleh makanan yang telah lebih dulu disantap, akibatnyabuah-buahan tidak bisa tercerna secara normal. Jika berlangsung lama, akan menyebabkan gejala perut kembung, diare atau susah buang air besar dan gejala lainnya.
2 . Minum teh kental
Minum teh seusai makan, dapat mengencerkan getah lambung, akibatnyamempengaruhi pencernaan makanan. Selain itu, daun teh banyak mengandungtanin (asam tanat), jika minum teh seusai makan, akan membuat proteinyang belum sempat dicerna lambung menyatu dengan asam tanat danmembentuk sedimen yang tidak mudah dicerna, sehingga mempengaruhiserapan protein. Teh juga dapat menghambat serapan zat besi, jikakeadaan demikian berlangsung lama dapat terjadi gejala anemia karenakurang zat besi.
3 . Merokok
Bahaya merokok sehabis makan lebih besar 10 kali lipat dibandinghari-hari biasa! Ini dikarenakan peredaran darah pada saluranpencernaan sehabis makan meningkat, akibatnya sejumlah besar kandungandalam rokok yang tidak baik bagi kesehatan diserap, sehingga bisamerusak hati, otak besar dan pembuluh darah jantung dan menyebabkan penyakit pada aspek-aspek terkait ini.
4 . Mandi
Mandi sehabis makan, volume aliran darah pada permukaan tubuh akanmeningkat, dan volume aliran darah pada saluran usus dan lambung akanberkurang, sehingga membuat fungsi pencernaan usus lambung melemah, danmenyebabkan pencernaan buruk.
5 . Mengendorkan ikat pinggang
Mengendorkan ikat pinggang setelah makan, meskipun terasa agak nyaman,tapi hal tersebut dapat mengakibatkan turunnya tekanan dalam ronggaperut, memaksa lambung turun (terjuntai). Jika kebiasan tersebut terusdilakukan, akan benar-benar mengidap lambung turun.
6 . Makan angin (berjalan-jalan)
“Makan angin” sehabis makan, bukan saja tidak dapat hidup “99” (panjangumur), bahkan karena meningkatnya volume olahraga sehingga dapatmempengaruhi saluran pencernaan terhadap serapan gizi. Terutama manula,fungsi jantung melemah, penyempitan pembuluh darah, banyak berjalanseusai makan akan timbul gejala tekanan darah menurun dan lain-laingejala.
7 . Berkaraoke
Seusai makan isi lambung kita membesar, dinding lambung menjadi tipis, volume aliran darah meningkat, saat demikian, bernyanyi dapat membuat sekat ronga badan pindah ke bawah, beban rongga perut bertambah, jika ringan akan menyebabkan pencernaan buruk, sebaliknya dapat menyebabkan gangguan pada lambung dan gejala penyakit lainnya.
8 . Mengemudikan mobil
Rawan terjadi kecelakaan jika habis makan lalu menjalankan kendaraan. Ini dikarenakan sehabis makan lambung dan usus membutuhkan sejumlah besar darah dalam mencerna makanan, mengakibatkan organ otak besar kekurangan darah untuk sementara waktu, sehingga dengan demikian dapat menyebabkan kesalahan operasional.

Tolong beritahu ke teman2 atau keluarga kita agar mereka mengikuti pola hidup sehat