Thursday, December 6, 2012

Makalah BIOTEKNOLOGI DAPAT MEMBANTU MANUSIA MEMPERTAHANKAN KESEHATAN DAN MENGOBATI BERBAGAI PENYAKIT


Penerapan bioteknologi di masa lalu dibuktikan antara lain dengan dimanfaatkannya mikroorganisme sebagai penghasil obat-obatan karena mampu membentuk antibiotic. Antibiotic pertama kali ditemukanoleh Alexander Flemming pada 1928. Penemuan antibiotic mendorong pengembangan bioteknologi dalam bidang obat-obatan.
a. Penisilin
Penisilin merupakan antibiotic yang pertama dan paling diminati sehingga menimbulkan banyak permintaan. Produksi penisilin telah diperbaiki melalui berbagai mutasi. Peningkatan kerja Penicillium chrysogenum tersebut dilakukan dengan cara radiasi sinar ultraviolet dan sinar X serta mutasi spontan. Selain itu, peningkatan kerja jamur tersebut juga dilakukan melalui peningkatan efisiensi fermentasi.
b. Aminoglukosida
Aminoglukosida merupakan kelompok antibiotic yang sangat penting, aminoglukosida terbentuk di luar jamur oleh genus Streptomyces. Sejak itu perkembangan terjadi secara luar biasa. Lebih dari 100 aminoglukosida diketahui terbentuk secara alami.
Aminoglukosida terbaru ditemukan melalui mutasi. Aminoglukosida dijimpai pada berbagai Ascomycotina, seperti Streptomyces, Nocardia, Mikromonospora, dan pada berbagi spesies Bacillus serta Pseudomonas.
Streptomisin yang telah dihasilkan oleh bakteri mampu menjinakkan kuman yang telah kebal terhadap penisilin maupun sefalosporin. Streptomisin efektif untuk pengobatan penyakit TBC.
c. Tetrasiklin
Tetrasiklin termasuk dalam kelompok antibiotic yang telah ditemukan dan dikomersialkan. Sampai saat ini, tetrasiklin hanya ditemukan pada Streptomyces. Tetrasiklin yang saat ini digunakan dalam pengobatan, dibuat dengan fermentasi dalam bentuk asli, seperti oksitetrasiklin dan klortetrasiklin maupun turunannya, seperti litetetrasiklin, metasikiln, doksisiklin, dan minosiklin. Sejumlah besar tetrasiklin digunakan dalam nutrisi ternak untuk memberikan efek nutritif.
d. Makrolida
Makrolida adalah antibiotic dari jamur Ascomycotina yang mampu menyerang bakteri gram positif. Sampai saat ini, makrolida yang digunakan berasal dari Ascomycotina. Mikrolida dihasilkan dari galur Ascomycotina dalam fermentasi.
e. Antrasiklin
Antrasiklim merupakan antibiotic yang ditemukan pada 1950 dan yang kali pertama diperkenalkan adalah rodomisin. Kemudian, pada 1987 telah ditemukan lebih dari 50 senyawa yang pada saat itu iberi nama yang sama untuk senyawa campuran yang berhubungan. Sampai saat ini, sudah ada 200 antrasiklin yang terjadi secara alami.

Antrasiklin digunakan dalam kemoterapi tumor. Akan tetapi, antrasiklin masih menimbulkan pengaruh buruk terhadap aktivitas jantung. Sejauh ini, antrasiklin hanya ditemukan pada Ascomycotina. Hasil fermentasinya tidak terlalu tinggi seperti antibiotik lainnyayang telah dipasarkan.
Rekayasa genetika, kultur jaringan, rekombinan DNA, pengembangbiakan sel induk, kloning, dan lain-lain merupakan teknologi yang memungkinkan kita untuk memperoleh penyembuhan penyakit-penyakit genetik maupun kronis yang belum dapat disembuhkan, seperti kanker ataupun AIDS. Penelitian di bidang pengembangan sel induk juga memungkinkan para penderita stroke ataupun penyakit lain yang mengakibatkan kehilangan atau kerusakan pada jaringan tubuh dapat sembuh seperti sediakala.