Tuesday, December 11, 2012

Penjelasan Tentang Penyakit asam Urat

Penjelasan Tentang Penyakit asam Urat | Asam urat, kita pasti tidak asing lagi dengan nama penyakit ini. Selama ini penyakit asam urat ini lebih dikenal sebagai penyakit yang sering menyerang orang tua, karena memang kebanyakan orang yang sudah lanjut usia atau 40 tahun ke atas yang sering terlihat menderita penyakit ini. Namun dengan gaya hidup yang serba instant dan modern seperti sekarang gejala asam urat seringkali ditemukan pada orang yang lebih muda.

Asam urat sendiri membuat penderitanya merasakan nyeri yang amat dalam pada persendian dan ini sangat mengganggu dalam menjalankan aktivitas kita sehari-hari. Asam urat sendiri merupakan hasil dari meningkatnya kadar purin dalam tubuh, purin tersebut biasanya berasal dari sisa metabolism dan makanan yang kita konsumsi. Purin merupakan bentuk asal dari asam urat, ketika kita banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin maka asam urat ini biasanya akan menumpuk di daerah persendian dan mengakibatkan nyeri yang tak tertahankan.

Makanan Pantangan Asam Urat

Penyebab asam urat biasanya dipicu oleh konsumsi makanan kita yang tidak sehat dan jarangnya berolahraga. Makanan yang mengandung asam purin tinggi misalnya bir dan alcohol, jeroan hewan dan seafood. Para penderita asam urat wajib menjauhi pantangan asam urat di atas jika tidak ingin nyeri yang menyiksa itu menyerang persendian mereka.

Asam purin sebenarnya dalam tubuh manusia sehat dapat dibuang melalui kotoran atau feses, namun pada penderita asam urat ginjal tidak dapat mengolah hasil buangan, yaitu asam purin, untuk dibuang melalui feses selain itu bisa juga karena kadar asam purin terlalu tinggi sehingga menyebar ke seluruh tubuh. Jika sudah begini penderita asam urat tidak dapat melakukan apapun karena penyakit ini menyerang persendian gerak mereka.

Yang mencengangkan adalah, ada beberapa jenis sayuran yang mempunyai asam purin tinggi sehingga menjadi pantangan bagi penderitanya. Seperti bayam, kol, seledri dan masih ada beberapa sayur pantangan lain yang tidak boleh dikonsumsi. Sayur memang memiliki zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh, namun ketika ada beberapa zat yang justru malah berbahaya bagi tubuh sebaiknya memang tidak perlu dikonsumsi. Jadi untuk kebaikan Anda, hindari makanan yang merupakan pantangan asam urat ini.
Asam Urat Lebih Sering Menyerang Kaum Pria

Uniknya asam urat ini lebih sering menyerang pria daripada wanita, dengan jumlah wanita yang sangat sedikit dan biasanya menyerang wanita yang sudah memasuki masa monopouse. Hal ini dikarenakan tingkat asam dalam tubuh pria berbanding lurus dengan bertambahnya usia, sedangkan pada wanita tingkat asam ini baru akan naik drastis ketika mereka sudah memasuki masa monopouse.

Untuk mengetahui kita menderita asam urat atau tidak biasanya dilakukan dengan tes enzimatik dan tes biasa. Biasanya serangkaian tes ini dapat kita lakukan di laboratorium di rumah sakit atau yang bisa kita temui di sekitar kita.

Pada awalnya penyakit asam urat ini hanya menyerang satu sendi saja, namun lama kelamaan bisa menjalar ke sendi yang lain. Sendi yang paling sering terkena dampak dari asam urat ini adalah sendi pada pangkal kaki ibu jari dan sekitar kaki. Serangan asam urat pun tidak dapat diperkirakan, tiba-tiba dapat terjadi pagi hari lalu sembuh dan sore hari nyeri sendi kembali terulang. Hal ini sangat menyiksa penderita, jika mereka tidak cepat mengkonsumsi obat-obatan maka nyeri itu tidak akan hilang.

Untuk menghindari gejala asam urat ataupun nyeri sendi sebaiknya penderita melakukan diet makanan sendiri serta lebih disiplin dalam menjaga gaya hidup yang lebih sehat.