Saturday, November 3, 2012

Manfaat dan khasiat Madu serta klasifikasi Madu


Manfaat Madu Berdasarkan Jenis Madu-Madu merupakan produk lebah yang penggunaannya paling popular karena mudah untuk didapatkan. Secara medis berdasarkan hasil dari penelitian yang menyatakan lebih dari 70 macam manfaat madu untuk kesehatan, seperti untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan didalam madu terkandung vitamin, mineral dan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berdasarkan salah satu penelitian tentang madu yang dilakukan oleh LIPI, pada saat madu diteteskan ke dalam cawan petri yang didalamnya terdapat bakteri Streptococcus Sp, dengan mikroskop akan terlihat bentuk halo atau lingkaran warna putih yang membentuk zona penghambat, sehingga bakteri yang ada didalam lingkaran akan mati. Berikut ini manfaat madu berdasarkan jenis madu yang mempunyai khasiat berbeda-beda tergantung dari jenis bunga yang terdapat didaerah tersebut.

Jenis – Jenis Madu :
Madu Dari Nektar Bunga Habbatussauda
Madu dari nektar bunga habbatussauda atau madu habbatussauda dihasilkan didaerah mediterania terutama dari daerah mesir. Madu ini memiliki aroma yang khas dan tingkat kekentalan yang tinggi. Khasiat dari madu ini adalah untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, dapat menetralkan racun didalam tubuh, mengatasi gangguan tidur dan stress, memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri, melancarkan air susu ibu, sebagai tambahan nutrisi untuk ibu hamil, meremajakan sel-sel kulit dan menunda proses penuaan sehingga sangat baik untuk manula, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan relativitas sel-sel otak agar tidak cepat pikun.
Madu Propolis
Madu propolis adalah campuran antara madu dengan produk lebah yang lainnya yang disebut dengan propolis atau lem lebah. Propolis sangat baik untuk kesehatan kita karena mengandung zat-zat anti bakteri dan anti oksidan. Sehingga penggabungan antara madu dengan propolis akan sempurna khasiat yang dihasilkan.
Madu Kashmir
Madu Kashmir dinamakan sesuai dengan daerah penghasil madu ini yaitu daerah Kashmir. Daerah Kashmir merupakan bagian dari Negara Pakistan yang terletak didaerah pegunungan. Madu Kashmir berasal dari nektar pohon sidr atau pohon bidara. Pohon bidara termasuk pohon yang langka didunia dan akan menghasilkan madu dengan kualitas lebih baik dibandingkan dengan madu yang lain. Khasiat dari madu Kashmir ini antara lain untuk melancarkan system pernapasan dan pencernaan dan melancarkan system peredaraan darah. Madu ini mudah dicerna oleh tubuh karena rendah kalori dan kaya antioksidan, sehingga bisa digunakan sebagai antibiotik.

Semoga artikel manfaat madu berdasarkan jenis madu diatas membantu anda.