Saturday, November 3, 2012

5 kalimat Komunikasi agar Sehat Dengan Pasangan


Tips Komunikasi Sehat Dengan Pasangan-Pada saat kita sepakat untuk menjalin hubungan ketingkat yang lebih tinggi yaitu perkawinan dengan pasangan kita, pada saat itu kita sudah harus mengerti dan sadar akan posisi kita masing-masing nanti pada saat sudah mengikat janji pernikahan. Masing-masing dari pasangan mempunyai tanggungjawab yang harus dilakukan didalam rumah tangga.

Didalam menjaga keharmonisan kehidupan rumah tangga bersama dengan pasangan kita dibutuhkan komunikasi yang sehat dan efektif. Komunikasi yang sehat dan efektif ini akan mencegah konflik dengan pasangan didalam mengarungi bahtera rumah tangga. Komunikasi yang sehat dan efektif bisa terjadi jika ide yang disampaikan oleh pemberi pesan diterima dengan tepat oleh penerima pesan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pemberi pesan.

Melakukan proses komunikasi yang sehat dan efektif ini yang tidak semua pasangan bisa melakukan dengan baik. Diperlukan waktu dan beberapa sikap yang harus dimiliki oleh kedua pasangan agar komunikasi yang mereka lakukan bisa sehat dan efektif. Berikut ini beberapa tips agar komunikasi kita sehat dan efektif dengan pasangan kita.

Tips Komunikasi Sehat Dan Efektif

Menjaga komunikasi agar lancer dalam rumah tangga memang membutuhkan usaha khusus, namun bukan berarti sulit untuk dilakukan. Selamat mencoba.
Terbuka dan Jujur

Dasar yang utama dari komunikasi dengan pasangan adalah terbuka dan jujur. Keterbukaan dengan pasangan memungkinkan kita untuk mengenal lebih dalam tentang pasangan kita. contohnya kita bisa menjadi tahu bagaimana pasangan kita mengekspresikan marahnya, sehingga kita bisa mengambil langkah tepat untuk mengantisipasinya.
Saling percaya

Rasa saling percaya akan menimbulkan sikap yakin terhadap apa yang pasangan kita lakukan, menghindarkan kita dari perasaan curiga terhadap pasangan. Masing-masing akan merasa bebas melakukan kegiatannya.
Kontrol Diri

Mengontrol diri dalam mengendalikan emosi bisa menyejukkan kondisi yang sedang dialami oleh pasangan kita. pengendalian diri akan membuat tenang kondisi pasangan kita. masalah akan segera terselesaikan, tidak terjadi pelebaran karena adanya emosi.
Pendengar yang Baik

Kadang suatu masalah yang terjadi diantara pasangan tidak memerlukan penyelesaian yang rumit. Hanya dengan menjadi pendengar yang baik terhadap keluhan pasangan, dengan sendirinya masalah akan teratasi.
Komunikasi Non Verbal

Selain dengan kata-kata komunikasi dengan non verbal juga sangat penting. Memberikan sentuhan, belaian dan bahasa tubuh yang lain secara tepat akan memperlancar komunikasi yang kita lakukan dengan pasangan.