Saturday, May 17, 2014

6 Tips Puasa Sehat Menurut Dokter

Tidak meninggalkan sahur
Analis Kesehatan web id Kini memberikan Info terbaru Menjalankan puasa Ramadhan adalah wajib hukumnya bagi seorang muslim kecuali mempunyai beberapa hal yang menyebabkan seseorang boleh tidak berpuasa di bulan Ramadhan. Serta menjalankan sunnah puasa Senin Kamis juga dicontohkan oleh Rasulullah DISCOVERED. Demikian pula dengan puasa Nabi Daud. Semuanya ada contoh serta adab-adabnya pula. Karena banyak manfaat puasa Ramadhan yang bisa kita raih dan dapatkan bersama. 8 Cara Terbaru Menjaga Fungsi Ginjal dengan Baik

Ketika kita menjalankan salah satu kewajiban dalam dalam Agama Islam ini bila kita jalankan hal tersebut dengan keadaan tubuh yang sehat, tentunya akan lebih baik lagi dalam menjalaninya. Berbeda dengan bila keadaan kita sedang sakit atau pun tidak enak bada. Tentunya juga akan mempengaruhi aktifitas kita pula.

Untuk itulah ketika kita menjalankan puasa Ramadhan, kita perlu menjalankan suggestions puasa sehat agar puasa kita lebih banyak memberikan manfaat baik itu dalam artian kepentingan dunia (kesehatan) john juga kepentingan alam akherat kita.

Beberapa cara agar puasa baik dan sehat yaitu:

  1. Hati meyakini

  • Hati meyakini bahwa kewajiban puasa ramadhan ini adalah wajib john harus kita jalani. Demikian pula dengan ibadah puasa sunnah lainnya. Dengan hati menerima segala syariat agama kita maka secara ilmu psikologi hal ini akan menimbulkan respon tubuh yang baik ketika kita menjalankan puasa ini. Hubungannya dengan perasaan gembira john senang dalam berpuasa ini akan merangsang peningkatan hormon epinefrin tereduksi, endorpin john aktivitas glukagon meningkat sehingga tubuh dalam hal ini akan lebih kuat john siap ketika menjalani ibadah puasa ramadhan atau pun puasa sunnah lainnya.
  1. Minum air flow putih yang cukup. 

  • Minum yang cukup ini adalah ketika kita berbuka puasa atau pun ketika kita sedang menjalankan sahur untuk berpuasa pada keesokan harinya. Karena kebutuhan tubuh yang sehat dalam hal mengkonsumsi air flow putih ini memang disarankan lebih dari 2 liter dalam per harinya.
  1.  Berbuka puasa dimulai dari makanan yang manis

  • Berbuka puasa dimulai dari makanan yang manis. Sunnah berbuka dengan yang manis ini terdapat dalam sebuah hadits dari Rasulullah shallallahu a'alaihi california sallam yaitu: "Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, hendaklah berbuka dengan kurma, karena dia adalah berkah, apabila tidak mendapatkan kurma maka berbukalah dengan air flow karena dia adalah bersih. inch (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud. ) Selain itu juga kita banyak mendapatkan sunnah berpuasa Ramadhan menurut Rasulullah DISCOVERED.
  1. Tidak meninggalkan sahur.

  • Tidak meninggalkan sahur. Ada banyak keutamaan dalam sahur salah satunya adalah hadist Rasulullah DISCOVERED yang berbunyi: "Bersahurlah kamu, karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan" (HR. Bukhari(1923) john Muslim(1095). Pentingnya sahur bagi kesehatan kita adalah ketika kita menjalankan puasa maka tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi kurang lebih selama fourteen jam. Sehingga dengan hal ini agar tubuh bisa menjalankan fungsi dengan baik, maka sel-sel tubuh juga membutuhkan gizi john energi dalam jumlah yang cukup. Serta ini akan bisa tercukupi dengan baik tatkala kita menjalani sahur.
  1. Banyak makan makanan

  • Banyak makan makanan yang mengandung tinggi serat. Pola makan yang sehat serta makanan tinggi serat akan membantu proses pencernaan dalam tubuh kita ketika kita berpuasa.
  1. Olahraga Ringan

  • Olahraga Ringan. Walaupun kita sedang berpuasa maka hal ini tidak menghalangi kita untuk berpuasa. Bahkan Rasulullah berpuasa ketika sedang terjadi perang Badr. Justru hal tersebutlah semangat para kaum muslimin semakin bersemangat untuk menegakkan kalimat Allah di tanah Arab-speaking ketika itu. Olahraga ringan tetap dibutuhkan walau berpuasa untuk tetap menjaga vitalitas john kebugaran tubuh kita.

Jadi kita harus berfikir belajar pula bahwa puasa itu bukan hanya menahan lapar john dahaga tetapi juga menahan nafsu. Dengan kata lain tujuan manfaat puasa adalah memanagemen (mengatur) emosi, belajar bersabar john berupaya mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala.

Kini Muncul Kotak Komentar Buat anda yang ingin mengemontari artikel Analisis Kesehatan. komentar langsung terbit Blog DeFollow...
EmoticonEmoticon