Saturday, February 2, 2013

pentingnya melindungi kesehatan badan di umur lanjut

umur lanjut adalah sistem yang ditandai dengan penurunan manfaat organ, pergantian fisiologik tubuh & ; laju katabolisme dan anabolisme. batasan umur lanjut di indonesia pada umur 56 th. keatas, berbarengan dengan waktu pensiun, namun menurut who umur 60-74 th. ke atas.

kesehatan adalah satu situasi di mana tubuh senantiasa memiliki daya untuk lakukan kegiatan fisik dengan maksimal. penilaian status kesehatan melewati : percepatan gerakan maksimum, kemampuan maksimum pergerakan otot & ; sendi dan kekuatan maksimum pengambilan oksigen.

pergantian fisiologis pada umur lanjut layaknya :

indra penciuman & ; perasa alami penurunan hingga tidak dapat nikmati makanan mengakibatkan menyenangi rasa yang tajam, layaknya : garam, penyedap rasa, saos menyebabkan beresiko negatif menyusutnya sekresi saliva bisa menyebabkan kesusahan saat menelan & ; mempercepat rusaknya gigi

kehilangan gigi, mengonsumsi makan lantas terbatas berkurangnya sekresi pepsin & ; enzim proteolitik hingga pencernaan protein tidak maksimal berkurangnya sekresi garam empedu hingga penyerapan lemak & ; vit. adek menurun berkurangnya motilitas usus gizi pada umur lanjut amat mutlak untuk di perhatikan :

keperluan daya alami penurunan terkait dengan penurunan massa otot, bmr & ; kegiatan, keperluan kalori untuk laki2 lebih kurang 2050 kkal, wanita 1600 kkal

protein tidak beralih, tetapi tidak bisa berlebih karna manfaat ginjal alami penurunan. setara dengan 3 ptg lauk hewani/ nabati & ; 2 gelas susu kurangi lemak jemu & ; trans layaknya : lemak daging, minyak kelapa, mentega, dll

kurangi karbohidrat sederhana & ; laktosa pada susu layaknya : gula pasir, aren, sirup tingkatkan serat 25 gr/ hari setara dengan 5 porsi buah & ; sayur vit. b 12 dibutuhkan untuk menghindar anemia vit. c& ;e sebagai antioksidan menghindar katarak, kanker & ; kardiovaskuler seng diperlukan untuk menambah manfaat imun & ; pengecapan, dan mengoptimalkan kesehatan. sumber seng : keju, daging sapi & ; ayam, dll

zat besi ( fe ) amat bertindak saat menghasilkan daya sebagai pembawa oksigen. sumber fe : kacang hijau, kacang merah, tempe, dll

magnesium dibutuhkan untuk melindungi manfaat otot, syaraf, & ; susunan tulang

kalsium bertindak saat mencegah berlangsungnya osteoporosis, amenorrhea & ; masalah makan sumber calsium : tepung susu, teri, bayam merah, kerang, dan lain-lain. dengan ini diinginkan untuk bapak/ibu yang menyambut umur lanjut supaya mencermati keperluan nutrisinya untuk melindungi kesehatan tubuhnya supaya terus sehat serta bugar.

1 komentar

Kini Muncul Kotak Komentar Buat anda yang ingin mengemontari artikel Analisis Kesehatan. komentar langsung terbit Blog DeFollow...
EmoticonEmoticon