Bila anda perlu makalah ini maka anda HARUS like
sebelum membacanya atau mencopynya. karna ini kepentingan dari admin,
yang dapat melihat bahwa sudah banyak yang telah membaca makalah ini.
silahkan liat di samping kanan post ini. Atau Klik like di atas atau Disini
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Bidan sebagai seorang pemberi layanan
kesehatan (health provider) harus dapat melaksanakan pelayanan kebidanan
dengan melaksanakan manajemen yang baik. Dalam hal ini bidan berperan
sebagai seorang manajer, yaitu mengelola atau memanage segala sesuatu
tentang kliennya sehingga tercapai tujuan yang di harapkan. Dalam
mempelajari manajemen kebidanan di perlukan pemahaman mengenai dasar –
dasar manajemen sehingga konsep dasar manajemen merupakan bagian penting
sebelum kita mempelajari lebih lanjut tentang manajemen kebidanan.
Akar atau dasar manajemen kebidanan,
adalah ilmu manajemen secara umum. Dengan mempelajari teori manajemen,
maka diharapkan bidan dapat menjadi manajer ketika mendapat kedudukan
sebagai seorang pimpinan, dan sebaliknya dapat melakukan pekerjaan yang
baik pula ketika bawahan dalam suatu system organisasi kebidanan.
Demikian pula dalam hal memberikan pelayanan kesehatan pada kliennya,
seorang bidan haruslah menjadi manager yang baik dalam rangka pemecahan
,masalah dari klien tersebut. Untuk itu kita perlu mengenal terlebih
dahulu pemahaman mengenai ilmu manajemen secara umum, teori – teori
manajemen, fungsi – fungsi manajemen, dan bahkan manajemen skill.
Manajemen kebidanan adalah suatu metode
proses berfikir logis sistematis. Oleh karena itu manajemen kebidanan
merupakan alur pikir bagi seorang bidan dalam memberikan arah/kerangka
dalam menangani kasus yang menjadi tanggung jawabnya.
Manajemen kebidanan mempunyai peran
penting dalam menunjang kerja seorang bidan agar bidan dapat melakukan
pelayanan dengan baik kepada kliennya. Oleh karena itu, kami menyusun
makalah ini dengan judul “MANAJEMEN KEBIDANAN “ selain sebagai tugas
kelompok juga dapat dijadikan referensi bagi pembaca.
B. Rumusan Masalah
- Bagaimana cara melakukan manajemen kebidanan?
- Bagaimana konsep manajemen kebidanan yang berkualitas?
C. Tujuan
- Untuk mengetahui bagaimana cara melakukan manajemen kebidanan
- Untuk mengetahui konsep manajemen kebidanan yang berkualitas
D. Manfaat
- Untuk Depkes
Dapat dijadikan sebagai acuan dalam
mengawasi para bidan Indonesia apakah bidan Indonesia sudah melakukan
manajemen kebidanan sesuai dengan standar.
2. Untuk Institusi
Dapat dijadikan sebagai acuan dalam
memberikan wawasan/pengetahuan kepada mahasiswa, apakah mahasiswa sudah
memahami manajemen kebidanan.
3. Untuk Mahasiswa
Dapat dijadikan sebagai referensi dalam
menggali/mencari informasi untuk memperluas wawasan/pengetahuan tentang
manajemen kebidanan.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
A. Konsep Dasar Manajemen
Akar atau dasar manajemen kebidanan,
adalah ilmu manajemen secara umum. Dengan mempelajari teori manajemen,
maka diharapkan bidan dapat menjadi manajer ketika mendapat kedudukan
sebagai seorang pimpinan, dan sebaliknya dapat melakukan pekerjaan yang
baik pula ketika bawahan dalam suatu system organisasi kebidanan.
Demikian pula dalam hal memberikan pelayanan kesehatan pada kliennya,
seorang bidan haruslah menjadi manager yang baik dalam rangka pemecahan
,masalah dari klien tersebut. Untuk itu kita perlu mengenal terlebih
dahulu pemahaman mengenai ilmu manajemen secara umum, teori – teori
manajemen, fungsi – fungsi manajemen, dan bahkan manajemen skill.
1. Pengertian Manajemen Secara Umum
Manajemen adalah seni dalam melaksanakan suatu kegiatan melalui orang – orang (Mary Parker Follet)1.
Manajemen sering pula diartikan sebagai pengaturan atau pengelolaan
sumber daya yang ada sehingga hasilnya maksimal. Itulah sebabnya
manajemen juga di terjemahkan sebagai “tata laksana”.
Manajemen adalah suaytu proses atau
karangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok
orang – orang kearah tujuan – tujuan organisasional atau maksud – maksud
yang nyata (George R. Terry dan Leslie W. Rue)2.
Menurut grant dan masey3, 1999
yang di kutip oleh nursalam, manajemen merupakan suatu pendekatan yang
dinamis dan aktif dalam menjalankan suatu kegiatan di organisasi. Dimana
di dalam manajemen tersebut mencakup kegiatan koordinasi dan superpisi
terhadap staf sarana dan prasarana dalam mencapai tujuan organisasi.
Menurut Rosmery E. Cross (2001)4,
“ management is a highly process and manager is some one who gets done
trought of others”. Manajemen adalah sebuah proses sangat kompleks dan
manajer adalah seorang yang melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan
melalui orang lain.
Manajemen adalah suatu kegiatan,
pelaksanaannya adalah “ managing” yaitu pengelolaan, sedangkan
pelaksanannya disebut managar atau pengelola. Seorang manager adalah
orang yang melaksanaakan fungsii manajemen dan bekerja dengan dan
melalui orang lain. Dia bertanggung jawab atas pekerjaannya sendiri dan
orang lain, menyeimbangkkan tujuan yang saling bertentangan dan
menentukan prioritas, mampu berfikir secara analisis dan konseptual,
menjadi penengah, oleh politisi dan diplomat dan mampu mengambil
keputusan yang sulit. Inti dari menejemen adalah kepemimpinan. Seorang
maneger yang baik adalah memiliki jiwa kepemimpinan. Seorang manager
yang baik adalah yang memiliki jiwa kepemimpinan.
2. Teori-teori manajemen
a) Teori manajemen ilmiah ( Scientific Management Theory )
Teori mengatakan bahwa manager pada
tingkat bawah sangat penting, karena berhubungan langsung dengan proses
produksi, dan menentukan berhasil tidaknya suatu organisasi mencapai
target yang ditentukan (Frederick W. Taylor )5.
b) Teori administratif ( Administratif Theory)
Teori ini menganggap yang penting adalah
organisasi pada tingkat teratas, karena segala sesuatu dapat berjalan
dengan baik jika para manajer dapat manajer dapat menggerakkan
organisasi sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen.
c) Teori motivasional ( motivational Theory )
Teori ini mengatakan bahwa efektif
manajer adalah seseorang yang dapat memotivasi stafnya untuk bekerja
lebih baik dengan memperhatikan staf tersebut.
d) Teori situasional ( Situational Theory )
Teori ini berdasarkan pada asumsi dasar
untuk melakukan motivasi pada seseorang untuk melakukan pekerjaan, yang
berhubungan dengan :
1) Pencapaian tujuan yang diharapkan.
2) Kepuasan pribadi
3) Reward
3. Fungsi-fungsi manajemen
Menurut Ibnu Syamsi fungsi1 manajemen terdiri dari :
- Fungsi perencanaan
- Fungsi mengatur pelaksanaan
1) Pengorganisasian (organizing )
2) Penyiapan tenaga ( staffing)
3) Pengarahan (directing)
4) Pengkordinasian (coordinating)
5) Permintaan laporan ( reporting ) - Fungsi pengendalian (controlling )
- Fungsi pengembangan (development )
Proses manajemen menurut Rosmerry E. Cross 2 adalah :
- Forecasting, Planning, and Development (ramalan, perencanaan, dan pengembangan )
- Managing Human Resourch (Manajemen Sumber Daya Manusia )
- Policy Making ( Penetapan Kebijaksanaa)
- Organizing ( Pengorganisasian )
- Communicating (komunikasi )
- Motivating ( Motivasi )
- Coordinating (Koordinasi )
- Controlling ( pengendalian )
- Information Handling ( Pengaturan Informasi )
- Problem Solving and decision making ( pemecahan masalah dan pengambilan keputusan )
Manajemen adalah suatu bentuk kerja.
Manajer dalam pekerjaannya harus melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu
yang dinamakan fungsi-fungsi manajemen, yaitu sebagai berikut :
- Planning ( Perencanaan )
Yaitu menentukan tujuan-tujuan yang hendak dicapai selama suatu masa yang akan dating dan apa yang harus diperbuat agar dapat mencapai tujuan-tujuan itu. - Organizing
Yaitu mengelompokkan dan menentukan berbagai kegiatan penting dan memberikan kekuasaan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan itu. - Staffing
Yaitu menentukan keperluan-keperluan sumber daya manusia, pengarahan, penyaringan, latihan pengembangan tenaga kerja. - Controlling (pengawasan )
Yaitu mengukur pelaksanaan dengan tujuan-tujuan, menentukan sebab-sebab penyimpangan dan mengambil tindakan korektif yang diperlukan.
Secara umum unsur-unsur dari manajemen yaitu :
- Manusia, yaitu tenaga kerja (manusia)
- Money, yaitu uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
- Methods, yaitu cara-cara yang digunakan dalam pencapaian tujuan.
- Material, yaitu bahan-bahan yang digunakan untuk mancapai tujuan.
- Machines, yaitu peralatan yang diperlukan untul mancapai tujuan.
- Market, yaitu pasar untuk menjual output dan jasa-jasa yang dihasilkan.
Menurut La Monica terdapat 3 kategori yang harus dimiliki oleh sorang manajer yaitu :
- Technical skill
Kemampuan untuk menggunakan penegtahuan, metoda, teknik, untuk melaksanakan tugas-tugas dan pekerjaa, didapatkan melalui pengalaman, pendidikan dan latihan. - Human skill
Kemampuan untuk bekerja dengan baik bersama staf, yang meliputi pengertian dan motivasi yang diberikan dan dengan melaksanakan kepemimpinan yang efektif. - Conceptual skill
- Mempunyai kemampuan untuk mengetahui seluk beluk organisasi
- Melaksanakan peran dan tanggungjawab dengan baik
- Menggunakan pengetahuan untuk menata organisasi
- Melakukan kontak mata dengan staf dan melakukan komunikasi yang efektif.
Berdasarkan uraian di atas mengenai
konsep manajemen secara umum kami akan membahas bagaimana manajemen
kebidanan manajemen kebidanan kaitannya dengan peran dan fungsi seorang
bidan di dalam prakteknya secara professional, dituntut tanggungjawab
manajerial yang bermutu. Untuk itu metode ilmiah akan dapat dilakukan
bila telah memahami betul teknik – teknik manajemen yang adekuat.
Artinya di dalam prakteknya yang penuh tanggungjawab itu dilakukan
menggunakan teori-teori dan prinsip manajemen , yang telah diakui secara
nasional maupun internasional. Dengan perkataan lain, bidan praktek
telah menggunakan manajemen kebidanan yang adekuat dalam memberikan
asuhan kebidanan pada kliennya.
1. Pengertian Manajemen Kebidanan
Manajemen kebidanan adalah suatu metode
proses berfikir logis sistematis dalam member asuhan kebidanan, agar
menguntungkan kedua belah pihak baik klien maupun pemberi asuhan. Oleh
karena itu, manajemen kebidanan merupakan alur fikir bagi seorang bidan
dalam memberikan arah/kerangka dalam menangani kasus yang menjadi
tanggung jawabnya.
Manajemen kebidanan merupakan proses
pemecahan masalah yang digunakan sebagai metode untuk mengorganisasikan
pikiran dan tindakan berdasarkan teori ilmiah, temuan-temuan,
keterampilan suatu keputusan yang berfokus pada klien.
Pengertian manajemen kebidanan menurut beberapa sumber :
- Menurut buku 50 tahun IBI, 2007 1
Manajemen kebidanan adalah pendekatan yang digunakan oleh bidan dalam menerapkan metode pemecahan masalah secara sistematis mulai dari pengkajian, analisis data, diagnosis kebidanan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. - Menurut Depkes RI, 2005 2
Manajemen kebidanan adalah metode dan pendekatan pemecahan masalah ibu dan anak yang khusus dilakukan oleh bidan dalam memberikan asuhan kebidanan kepada individu, keluarga dan masyarakat. - Menurut Helen Varney (1997) 3
Manajemen kebidanan adalah proses pemecahan masalah yang digunakan sebagai metode untuk mengorganisasikan pikiran dan tindakan berdasarkan teori ilmiah, penemuan-penemuan, keteranpilan dalam rangkaian tahapan yang logis untuk pengambilan suatu keputusan berfokus pada klien.
Sesuai dengan perkembangan pelayanan
kebidanan, maka bidan diharapkan lebih kritis dalam melaksanakan proses
manajemen kebidanan untuk mengambil keputusan. Menurut Helen Varney, ia
mengembangkan proses manajemen kebidanan ini dari 5 langkah menjadi 7
langkah yaitu mulai dari pengumpulan data sampai dengan evaluasi.
Bidan mempunyai fungsi yang sangat
penting dalam asuhan yang mandiri, kolaborasi, dan melakukan rujukanyang
tepat. Oleh karena itu, bidan dituntut untuk mampu mendeteksi dini
tanda dan gejala komplikasi kehamilan, memberikan pertolongan
kegawatdaruratan kebidanan dan perinatal dan merujuk kasus. Praktek
kebidanan telah mengalami perluasan peran dan fungsi dari focus terhadap
ibu hamil, bersalin, nifas, bayi baru lahir serta anak balita bergeser
kepada upaya mengantisipasi tuntutan kebutuhan masyarakat yang dinamis
yaitu menuju kepada pelayanan kesehatan reproduksi sejak konsepsi,
persalinan, pelayanan ginekologis, kontrasepsi, asuhan pre dan post
menopause, sehingga hal ini merupakan suatu tantangan bagi bidan.
Asuhan yang diberiakan oleh bidan harus
dicatat secara benar, singkat, jelas, logis dan sistematis sesuai dengan
metode pendokumentasian. Dokumentasi sangat penting artinya baik bagi
pemberi asuhan maupun penerima pelayanan asuhan kebidanan, dan dapat
digunakan sebagai data otentik bahwa asuhan telah dilaksanakan.
Bidan sebagai tenaga kesehatan yang
professional memberikan asuhan kepada klien memiliki kewajiban
memberikan asuhan untuk menyelamatkan ibu dan anak dari gangguan
kesehatan. Asuhan yang dimaksud adalah asuhan kebidanan. Secara
definitive, asuhan kebidanan dapat diartikan sebagai bantuan yang
diberikan oleh bidan kepada individu ibu atau anak. Asuhan kebidanan
merupakan bagian dari pelayanan kesehatan yang diarahkan untuk
mewujudakan kesehatan kelaurga dalam rangka tercapainya keluarga kecil
bahagia sejahtera.
Untuk melaksanakan asuhan tersebut
digunakan metode dan pendekatan yang disebut manajemen kebidanan. Metode
dan pendekatan digunakan untuk mendalami permasalahan yang dialami oleh
klien, dan kemudian merumuskan permasalahan tersebut serta akhirnya
mengambil langkah pemecahannya. Manajemen kebidanan membantu proses
berfikir bidan dalam melaksanakan asuhan dan pelayanan kebidanan.
Dalam melaksanakan tugasnya pada
pelayanan kebidanan, seorang bidan melakukan pendekatan dengan metode
pemecahan masalah yang dikenal dengan manajemen kebidanan.
Manajemen kebidanan untuk mengaplikasikan pendekatan itu, adalah :
- Identifikasi dan analisis masalah yang mencakup pengumpulan data subjektif dan objektif dan analisis dari data yang dikumpul/dicatat.
- Perumusan (diagnosis) masalah utama, masalah yang mungkin akan timbul (potensial) serta penentuan perlunya konsultasi, kolaborasi, dan rujuakan.
- Penyusunan rencana tindakan berdasarkan hasil perumusan.
- Pelaksanaan tindakan kebidanan sesuai dengan kewenangannya.
- Evaluasi hasil tindakan. Hasil evaluasi ini digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan tindakan kebidanan yang telah dilakukan dan sebagai bahan tindak lanjut.
Semua tahapan dari manajemen kebidanan
ini didokumentasi sebagai bahan tanggung jawab dan tanggung gugat dan
juga untuk keperluan lain seperti referensi serta penelitian.
2. Prinsip Managemen Kebidanan
Proses manajemen kebidanan sebenarnya
sudah dilakukan sejak orang mulai menolong kelahiran bayi. Pada zaman
dahulu kala perempuan-perempuan yang sudah berpengalaman melahirkan
dipercaya untuk memberikan pelayanan kepada ibu-ibu hamil dan
melahirkan. Mereka diharapkan mampu memberikan pertolongan kepada
ibuyang hamil dan melahirkan. Tentu pertolongan yang diberikan pada masa
tersebut hanya berdasarkan pengalaman mereka sendiri, namun walau tanpa
referensi mereka mampu juga memberikan pelayanan untuk menyelamatkan
ibu dan bayi.
Pada era millennium yang terus
menghadapkan kita pada situasi yang mangandalkan ilmu pengetahuan
membuat kita, bidan maupun penerima jasa pelayanan bidan semakin kritis
terhadap mutu pelayanan kebidanan. Dengan demikian pelayanan yang
diberikan sudah selayaknya berdasarkan teori yang dapat
dipertanggungjawabkan dan praktik yang dilakukan berdasarkan Evidence
Based Medicine ( Bukti Ilmiah yang Rasional ).
Varney (1997) menjelaskan bahwa prinsip
manajemen adalah pemecahan masalah. Dalam text book masalah kebidanan
yang ditulisnya pada tahun 1981 proses manajemen kebidanan diselesaikan
melalui 5 langkah.
Setelah menggunakannya, Varney (1997)
melihat ada beberapa hal yang penting disempurnakan. Misalnya seorang
bidan dalam manajemen yang dilakukannya perlu lebih kritis untuk
mengantisipasi masalah atau diaognosa potensial. Dengan kemampuan yang
lebih dalam melakukan analisa kebidanan akan menemukan diagnose atau
masalah potensial ini. Kadangkala bidan juga harus segera bertindak
untuk menyelesaikan maslah tertentu dan mungkin juga harus melakukan
kolaborasi, konsultasi bahkan mungkinjuga harus merujuk kliennya. Varney
kemudian menyempurnakan proses manajemen kebidanan menjadi 7 langkah.
Ia menambahkan langkah ke III agar bidan lebih kritikal mengantisipasi
masalah yang kemungkinan dapat terjadi pada kliennya.
Varney juga menambahkan langkah ke IV di
mana bidang diharapkan dapat menggunakan kemanpuannya untuk melakukan
deteksi dini dalam proses majemen sehingga bila klien membutuhkan
tindakan segera atau kolaborasi,konsultasi bahkan dirujuk segera dapat
dilaksanakan.Proses manajemen kebidanan ini diyulis oleh Varney
berdasarkan proses manajemen kebidanan yang American College of Midwife pada dasar pemikiran yang sama dengan proses manajemen menurut Varney.
Prinsip proses manajemen kebidanan menurut Varney
Proses manajemen kebidanan sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh American College Nurse
Midwife (ACNM) terdiri dari :
- Secara sistematis mengumpulkan data dan memperbaharui data yang lengkap dan relevan dengan melakukan pengajian yang komprehensif terhadap kesehatan setiap klien,termasuk mengupulkan riwayat kesehatan dan pemeriksa fisik.
- Mengidentifikasi masalah dan membuat diagnosa berdasarkan interprestasi data dasar.
- Mengindentifikasi kebutuhan terhadap asuhan kesehatan dalam menyelesaikan masalah dan merumuskan tujuan asuhan kesehatan bersama klen.
- Memberi informasi dan support sehingga klien dapat membuat keputusan dan bertanggungjawab terhadap kesehatannya.
- Membuat rencana asuhan yang komprehensif bersama klien.
- Secara pribadi bertanggungjawab terthadap implementasi rencana individual.
- Melakukan konsultasi,perencanaan dan melaksanakan manajemen dengan berkolaborasi dan merujuk klien untuk mendapatkan asuhan selanjutnya.
- Merencanakan manajemen terhadap komplikasi tertentu,dalam situasi darurat dan bila ada penyimpangan dari keadaan normal.
- Melakukan evaluasi bersama klien terhadap pencapaian asuhan kesehatan dan merevisi rencana asuhan sesuai dengan kebutuhan.
Manajemen kebidanan tidak hanya
diimplementasikan pada asuhan kebidanan pada individu akan tetapi dapat
juga diterapkan di dalam pelaksanaan pelayaanan kebidanan yang ditujukan
kepada keluarga dan masyarakat.manajemen kebidanan mendorong para
bidan menggunakan cara yang teratur dan rasional sehingga mempermudah
pelaksanaan yang tepat dalam mencagahkan masalah klien dan kemudian
akhirnya tujuan mewujudkan kondisi ibu dan anak yang sehat dapat
tercapai.
Seperti yang telah dikemukakan di atas
bahwa permasalahan kesehatan ibu dan anak yang ditangani oleh bidan
mutlak menggunakan metode dan pendekatan manajemen kebidanan. Sesuai
dengan lingkup dan tanggungjawab bidang maka sasaran manajemen kebidanan
ditunjukan kepada baik individu ibu dan anak, keluarga maupun kelompok
masyarakat.
Individu sebagai sasaran didalam asuhan
kebidanan disebut klien.yang dimaksud klien di sini ialah setiap
individu yang dilayani oleh bidan baik itu sehat maupun sakit.klien yang
sakit disebut pasien.upaya menyehatkan dan meningkatkan status
kesehatan keluarga akan lebih efektip bila dlakukan melalui ibu baik
didalam keluarga maupun didalam kelompok masyarakat.didalam pelaksanaan
manajemen kebidanan,bidan memandang keluarga dan kelompok masyarakat
sebagai kumpulan individi-individuyang berada di dalam suatu ikatan
sosial dimana ibu memegang peran sentral.
Manajemen kebidanan dapat digunakan oleh
bidan di dalam setiap melaksanakan kegiatan pemeliharaan dan peningkatan
kesehatan,pencegahan penyakit,penyembuhan,pemulihan kesehatan ibu dan
anak dalam lingkup dan tanggungjawab.
4. Proses Managemen Kebidanan
Proses manajemen kebidanan dalam bentuk
kegiatan praktek kebidanan dilakukan melalui suatu proses yang disebut
langkah-langkah atau proses manajemen kebidanan.
Langkah-langkah manajemen kebidanan tersebut adalah :
- Identifikasi dan analisis masalah
Proses manajemen kebidanan dimulai dengan langkah pertama
identifikasi dan analisis masalah. Di dalam langkah pertama ini bidan
sebagai tenaga professional tidak dibenarkan untuk menduga-duga masalah
yang terdapat pada kliennya. Bidan harus mencari dan menggali data atau
fakta baik dari klien, keluarga maupun anggota tim kesehatan lainnya dan
juga dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh bidan sendiri.
Langkah pertama ini mencakup kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis data atau fakta untuk perumusan masalah. Langkah ini merupakan proses berfikir yang ditampilkan oleh bidan dalam tindakan yang akan menghasilkan rumusan masalah yang dialami/ diderita pasien atau klien. - Diagnosis kebidanan
Setelah ditentukan masalah dan masalah utamanya maka bidan merumuskannya dalam suatu pernyataan yang mencakup kondisi, masalah, penyebab dan prediksi terhadap kondisi tersebut. Prediksi yang dimaksud mencakup masalah potensial dan prognosis. Hasil dari perumusan masalah merupakan keputusan yang ditegakkan oleh bidan yang disebut diagnosis kebidanan. Dalam menentukan diagnosis kebidanan diperlukan pengetahuan keprofesionalan bidan. Penegakan diagnosis kebidanan dijadikan dasar tindakan dalam upaya menanggulangi ancaman keselamatan hidup pasien atau klien. Masalah potensial dalam kaitannya dengan diagnosis kebidanan adalah masalah yang mungkin timbul dan bila tidak segera diatasi akan mengganggu keselamatan hidup klien atau diantisipasi, dicegah dan diawasi serta segera dipersiapkan tindakan untuk mengatasinya. - Perencanaan
Berdasarkan diagnosis yang ditegakkan, bidan menyusun rencana kegiatannya. Rencana kegiatan mencakup tujuan dan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh bidan dalam melakukan intervensi untuk memecahkan masalah pasien atau klien serta rencana evaluasi. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka langkah penyusunan rencana kegiatan adalah sebagai berikut :
1) Menentukan tujuan yang akan dilakukan termasuk sasaran dan hasil yang akan dicapai.
2) Menentukan tindakan sesuai dengan masalah dan tujuan yang akan dicapai. Langkah-langkah tindakan mencakup kegiatan yang dilakukan secara mandiri, kolaborasi atau rujukan.
3) Menentukan kriteria evaluasi dan keberhasilan. - Pelaksanaan
Langkah pelaksanaan dilakukan oleh bidan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Pada langkah ini bidan melakukan secara mandiri, pada penanganan kasus yang di dalamnya memerlukan tindakan di luar kewengangan bidan, perlu dilakukan kegiatan kolaborasi atau rujukan. Pelaksanaan tindakan selalu diupayakan dalam waktu yang singkat, efektif, hemat dan berkualitas. Selama pelaksanaan, bidan mengawasi dan memonitor kemajuan pasien atau klien. - Evaluasi
Langkah akhir dari proses manajemen kebidanan adalah evaluasi. Evaluasi adalah tindakan pengukuran antara keberhasilan dan rencana. Jadi tujuan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan tindakan kebidanan yang dilakukan.
Pada tahun 1997, Helen Varney menyempurnakan proses 5 langkah tersebut memnjadi 7 langkah. Langkah-langkah tersebut membentuk kerangka yang lengkap yang bias diaplikasikan dalam semua situasi. Akan tetapi, setiap langkah tersebut bias dipecah-pecah ke dalam tugas-tugas tertentu dan semuanya bervariasi sesuai dengan kondisi klien. Langkah – langkah :
1) Mengumpulkan semua data yang dibutuhkan untuk menilai keadaan klien secara keseluruhan.
2) Menginterpretasikan data untuk mengidentifikasi diagnosis atau masalah.
3) Mengindentifikasi diagnosis atau masalah potensial dan mengantisipasi penanganannya.
4) Menetapkan kebutuhan terhadap tindakan segera, konsultasi, kolaborasi dengan tenaga kesehatan lain serta rujukan berdasarkan kondisi klien.
5) Menyusun rencana asuhan secara menyeluruh dengan tepat dan rasional berdasarkan keputusan yang dibuat pada langkah-langkah sebelumnya.
6) Pelaksanaan langsung asuhan secara efisien dan aman.
7) Mengevaluasi keefektifan asuhan yang diberikan dengan mengulang kembali manajemen proses untuk aspek-aspek asuhan yang tidak efektif.
Melihat kembali penjelasan di atas maka
proses manajemen kebidanan merupakan langkah sistematis yang merupakan
pola piker. Bidan dalam melaksanakan asuhan kepada klien diharapkan
dengan pendekatan pemecahan masalah yang sistematis dan rasional, maka
seluruh aktivitas atau tindakan yang bersifat coba-coba yang akan
berdampak kurang baik untuk klien.
Langkah-langkah di atas dapat dijelaskan sebagai berikut :
Langkah 1 : Tahap Pengumpulah Data Dasar
Pada langkah pertama dikumpulkan semua informasi yang akurat dan lengkap dari semua sumber yang berkaitan dengan kondisi klien. Untuk memperoleh data dilakukan dengan cara :
- Anamnesis. Dilakukan untuk mendapatkan biodata, riwayat menstruasi, riwayat kesehatan, riwayat kehamilan, persalinan, dan nifas, bio-psiko-sosial-spiritual, serta pengetahuan klien.
- Pemeriksaan fisik sesuai dengan kebutuhan dan pemeriksaan tanda-tanda vital, meliputi :
- Pemeriksaan khusus (inspeksi, palpasi, auscultasi, dan perkusi )
- Pemeriksaan penunjang ( laboratorium, radiologi/USG, dan cacatan terbaru serta catatan sebelumnya ).
Tahap ini merupakan
langkah awal yang akan menentukan langkah berikutnya, sehingga
kelengkapan data sesuai dengan kasus yang dihadapi yang akan menentukan
proses interpretasi yang benar atau tidak dalam tahap selanjutnya.
Sehingga dalam pendekatan ini harus komprehensif meliputi data
subjektif, objektif dan hasil pemeriksaan sehingga dapat menggambarkan
kondisi pasien yang sebenarnya dan valid.
Kaji ulang data yang sudah dikumpulkan apakah sudah tepat, lengkap dan akurat.
Langkah 2 : Interpretasi Data Dasar
Pada langkah ini dilakukan identifikasi
terhadap diagnosis atau masalah berdasarkan interpretasi atas data-data
yang telah dikumpulkan.
Data dasar yang telah dikumpulkan
diinterpretasikan sehingga dapat merumuskan diagnosis dan masalah yang
spesifik. Rumusan diagnosis dan masalah keduanya digunakan karena
masalah tidak dapat didefinisikan seperti diagnosis tetapi tetap
membutuhkan penanganan. Masalah sering berkaitan dengan hal-hal yang
sedang dialami wanita yang diidentifikasi oleh bidan sesuai dengan hasil
pengkajian. Masalah juga sering menyertai diagnosis.
Diagnosis kebidanan adalah diagnose yang
ditegakkan bidan dalam lingkup praktek kebidanan dan memenuhi standar
nomenklatur diagnose kebidanan.
Standar nomenklatur diagnosis kebidanan :
1) Diakui dan telah disahkan oleh profesi.
2) Berhubungan langsung dengan praktek kebidanan.
3) Memiliki cirri khas kebidanan.
4) Didukung oleh clinical judgement dalam praktek kebidanan.
5) Dapat diselesaikan dengan pendekatan manajemen kebidanan.
Langkah 3 : Mengidentifikasi Diagnosis atau Masalah Potensial dan Mengantisipasi Penanganannya.
Pada langkah ini bidan mengidantifikasi
masalah potensial atau diagnosis potensial berdasarkan diagnosis atau
masalah yang sudah diidentifikasi. Langkah ini membutuhkan antisipasi,
bila memungkinkan dilakukan pencegahan. Bidan diharapkan dapat waspada
dan bersiap-siap mencegah diagnosis atau masalah potensial ini menjadi
benar-benar terjadi. Langkah ini penting sekali dalam melakukan asuhan
yang aman.
Pada langkah ketiga ini bidan dituntut
untuk mampu mengantisipasi masalah potensial, tidak hanya merumuskan
masalah potensial yang akan terjadi tetapi juga merumuskan tindakan
antisipasi agar masalah atau diagnosis potensial tidak terjadi. Sehingga
langkah ini benar merupakan langkah yang bersifat antisipasi yang
rasional atau logis.
Kaji ulang apakah diagnosis atau masalah potensial yang diidentifikasi sudah tepat.
Langkah 4 : Menetapkan Kebutuhan
Terhadap Tindakan Segera untuk Melakukan Konsultasi, Kolaborasi dengan
Tenaga Kesehatan Lain Berdasarkan Kondisi Klien.
Mengindentifikasi perlunya tindakan
segera oleh bidan atau dokter dan atau tenaga konsultasikan atau
ditangani bersama dengan anggota tim kesehatan yang lain sesuai dengan
kondisi klien.
Langkah keempat mencerminkan
kesinambungan dari proses manajemen kebidanan. Jadi manajemen bukan
hanya selama asuhan primer periodik atau kunjungan prenatal saja tetapi
juga selama wanita tersebut bersama bidan terus menerus, misalnya pada
waktu wanita tersebut dalam persalinan.
Data baru mungkin saja dikumpulkan dan
dievaluasi. Beberapa data mungkin mengidentifikasi situasi yang gawat
dimana bidan harus bertindak segera untuk kepentingan keselamatan jiwa
ibu atau anak.
Data baru mungkin saja dikumpilkan dapat
menunjukkan satu situasi yang memerlukan tindakan segera sementara yang
lain harus menunggu intervensi dari seorang dokter. Situasi lainnya
tidak merupakan kegawatan tetapi memerlukan konsultasi atau kolaborasi
dengan dokter.
Demikian juga bila ditemukan tanda-tanda
awal dari preeclampsia, kelainan panggul, adanya penyakit jantung,
diabetes, atau masalah medic yang serius, bidan memerlukan konsultasi
atau kolaborasi dengan dokter.
Dalam kondisi tertentu seorang wanita
mungkin juga akan memerlukan konsultasi atau kolaborasi dengan dokter
atau tim kesehatan lain seperti pekerja sosial, ahli gizi atau seorang
ahli perawatan klinis bayi baru lahir. Dalam hal ini bidan harus mampu
mengevaluasi kondisi setiap klien untuk menentukan kepada siapa
konsultasi dan kolaborasi yang paling tepat dalam manajemen asuhan
kebidanan.
Kaji ulang apakah tindakan segera ini benar-benar dibutuhkan.
Langkah 5 : Menyusun Rencana Asuhan yang Menyeluruh.
Pada langkah ini direncanakan asuhan yang
menyeluruh ditentukan oleh langkah-langkah sebelumnya. Langkah ini
merupakan kelanjutan manajemen terhadap masalah atau diagnose yang telah
diidentifikasi atau diantisipasi. Pada langkah ini informasi data yang
tidak lengkap dapat dilengkapi.
Rencana asuhan yang menyeluruh tidak
hanya meliputi apa yang sudah terindentifikasi dari kondisi klien atau
dari setiap masalah yang berkaitan tetapi juga dari kerangka pedoman
antisipasi terhadap wanita tersebut seperti apa yang diperkirakan akan
terjadi berikutnya, apakah dibutuhkan penyuluhan, konseling dan apakah
perlu merujuk klien bila ada masalah-masalah yang berkaitan dengan
sosial ekonomi-kultural atau masalah psikologis. Dengan kata lain,
asuhan terhadap wanita tersebut sudah mencakup setiap hal yang berkaitan
dengan setiap aspek asuhan kesehatan. Setiap rencana asuhan haruslah
disetujui oleh kedua pihak, yaitu oleh bidan dank lien agar dapat
dilaksanakan dengan efektif karena klien juga akan melaksanakan rencana
asuhan bersama klien kemudian membuat kesepakatan bersama sebelum
melaksanakannya.
Semua keputusan yang dikembangkan dalam
asuhan menyeluruh ini harus rasional dan benar-benar valid berdasarkan
pengetahuan dan teori yang up to date serta sesuai dengan asumsi tentang apa yang akan dilakukan klien.
Langkah 6 : Pelaksanaan Langsung Asuhan dengan Efisien dan Aman.
Pada langkah keenam ini rencana asuhan
menyeluruh seperti yang telah diuraikan pada langkah kelima dilaksanakan
secara efisien dan aman. Perencanaan ini bias dilakukan seluruh oleh
bidan atau sebagian lagi oleh klien atau anggota tim kesehatan lainnya.
Walau bidan tidak melakukannya sendiri, ia tetap memikul tanggungjawab
untuk mengarahkan pelaksanaannya, misalnya memastikan langkah-langkah
tersebut benar-benar terlaksana.
Dalam situasi di mana bidan berkolaborasi
dengan dokter untuk menangani klien yang mengalami komplikasi, maka
keterlibatan bidan dalam manajemen asuhan bagi klien adalah tetap
bertanggungjawab terhadap terlaksananya rencana asuhan bersama yang
menyeluruh tersebut. Manajemen yang efisien akan menyangkut waktu dan
biaya serta meningkatkan mutu dan asuhan klien.
Kaji ulang apakah semua rencana asuha telah dilaksanakan.
Langkah 7 : Mengevaluasi
Pada langkah ketujuh ini dilakukan
evaluasi kefektifan dari asuhan yang sudah diberikan meliputi pemenuhan
kebutuhan akan bantuan apakah benar-benar telah terpenuhi sesuai
kebutuhan sebagaimana telah diidentifikasi dalam diagnose dan masalah.
Rencana tersebut dapat dianggap efektif jika memang benar efektif dalam
pelaksanaannya.
Ada kemungkinan bahwa sebagian rencana
tersebut efektif sedangkan sebagian belum efektif. Mengingat bahwa
proses manajemen asuhan ini merupakan suatu kegiatan yang
berkesinambungan maka perlu mengulang kembali dari awal setiap asuhan
yang tidak efektif melalui manajemen tidak efektif serta melakukan
penyusaian terhadap rencana asuhan tersebut.
Langkah-langkah proses manajemen umumnya
merupakan pengkajian yang memperjelas proses pemikiran yang mempengaruhi
tindakan serta berorientasi pada proses klinis, karena proses manajemen
tersebut berlangsung di dalam situasi klinik dan dua langkah terakhir
tergantung pada klien dan situasi klinik, maka tidak mungkin proses
manajemen ini dievaluasi dalam tulisan saja.
5. Implementasi manajemen kebidanan
- Identifikasi dan analisis masalah
Bila seorang pasien/klien datang meminta
bantuan pada bidan, maka langkah awal dari kegiatan yang dilakukan
adalah mengidentifikasi masalah kemudian menganalisis masalah tersebut.
Bidan mulai mewawancarai klien untuk menggali data subjektif.
Data subjektif
1) Biodata mencakup identitas klien :
a) Nama yang jelas dan lengkap. Bila
perlu ditanyakan nama penggilan sehari-hari. Bagi pasien anak,
ditanyakan nama orant tua atau wali.
b) Umur dicatat dalam hitungan tahun. Untuk balita ditanyakan umur dalam hitungan tahun dan bulan.
c) Alamat ditanyakan untuk maksud
mempermudah hubungan bila diperlukan keadaan mendesak. Dengan mengetahui
alamat, bidan juga dapat mengetahui tempat tinggal dan lingkungannya.
d) Pekerjaan klien ditanyakan untuk
mengetahui kemungkinan pengaruh pekerjaan terhadap permasalaha kesehatan
pasien. Pekerjaan orang tua bila pasien anak balita.
e) Agama ditanyakan untuk mengetahui
kemungkinan pengaruhnya terhadap kebiasaan kesehatan klien. Dengan
diketahui agama klien akan memudahkan bidan melakukan pendekatan di
dalam melaksanakan asuhan kebidanan.
f) Pendidikan klien ditanyakan
untuk mengetahui tingkat intelektualnya. Tingkat pendidikan mempengaruhi
sikap perilaku kesehatan seseorang. Untuk anak balita perlu ditanyakan
pendidikan orang tua atau walinya.
2) Riwayat menstruasi
Hal yang perlu ditanyakan : menarche,
siklus menstruasi, lamanya, banyaknya darah yang keluar, aliran darah
yang keluar, mentruasi terakhir, adakah dismenorhe, gangguan sewaktu
menstruasi (metrorhagi, menoraghi), gejala premenstrual.
3) Riwayat perkawinan
Kawin : ……………. Kali
Usia kawin pertama : ……………. Kali
4) Riwayat kehamilan dan persalinan
a) Jumlah kehamilan dan kelahiran : G (gravid), P (para), A (abortus), H (hidup).
b) Riwayat persalinan yaitu jarak antara dua kelahiran, tempat melahirkan, lamanya melahirkan, cara melahirkan.
c) Masalah/gangguan kesehatan yang timbul sewaktu hamil dan melahirkan, missal : preeklampsi, infeksi, dll.
5) Riwayat ginekologi
Pengalaman yang berkaitan dengan penyakit
kandungan mencakup : infertilitas, penyakit kelamin, tumor atau kanker,
system reproduksi, operasi ginekologis.
6) Riwayat keluarga berencana
Bila ibu pernah mengikuti KB perlu
ditanyakan : jenis kontrasepsi, efek samping, alas an berhenti (bila
tidak memakai lagi), lamanya menggunakan alat kontrasepsi.
7) Riwayat kehamilan sekarang
Waktu mandapat haid terakhir, keluhan berkaitan dengan kehamilan.
8) Gambaran penyakit yang lalu.
Ditanyakan untuk mengetahui apakh ada
hubungannya dengan masalah yang dihadapi oleh klien. Misalnya penyakit
campak atau cacar air sewaktu kecil, penyakit jantung, hipertensi, dll.
Apakah pernah diirawat di RS ? kapan ? berapa lama ? penyakit apa ? dan
lain sebagainya.
9) Riwayat penyakit keluarga
Untuk mengetahui kemungkinan adanya
pengaruh penyakit terhadap gangguan kesehatan pasien. Riwayat keluarga
yang perlu ditanyakan misalnya jantung, diabetes, ginjal, kelainan
bawaan, kehamilan kembar.
10) Keadaan sosial budaya
Untuk mengetahui keadaan psikososial
perlu ditanyakan antara lain : jumlah anggota keluarga, dukungan moral
dan material dari keluarga, pandangan, dan penerimaan keluarga terhadap
kehamilan, kebiasaan-kebiasaan yang menguntungkan dan merugikan,
pandangan terhadap kehamilan, persalinan dan anak baru lahir.
Data objektif
Data objektif dikumpulkan melalui :
1) Pemeriksaan fisik
2) Pemeriksaan khusus.
3) Pemeriksaan penunjang.
a) Diagnosis
Di dalam diagnosis unsur-unsur berikut perlu dicantumkan yaitu :
(1) Keadaan pasien / klien (khusus bagi ibu hamil dan melahirkan termasuk keadaan bayinya).
(2) Masalah utama dan penyebabnya.
(3) Masalah potensial.
(4) Prognosis.
b) Rencana tindakan
Berdasarkan diagnosis yang telah
ditegakkan, bidan menyusun rencana tindakan yang harus dilakukan kepada
kliennya. Rencana tindakan tersebut berisikan tujuan dan hasil yang akan
dicapai dan langkah-langkah kegiatan termasuk rencana evaluasi.
Tujuan di dalam rencana kegiatan
menunjukkan perbaikan-perbaikan yang diharapkan. Misalnya, tujuan asuhan
pada ibu dalam keadaan inpartu adalah menyelesaikan persalinan dengan
baik. Hasil dari tindakan adalah ibu yang melahirkan dan anak yang
dilahirkan dalam keadaan sehat dan selamat.
Langkah-langkah tindakan dilakukan
berdasarkan masalah yang dihadapi oleh pasien / klien. Langkah-langkah
tindakan merupakan upaya intervensi untuk mengatasi masalah. Misalnya,
ibu yang dalam keadaan inpartu, dan kurang siap untuk melahirkan secara
fisiologis, maka di dalam langkah-langkah tindakan yang dilakukan oleh
bidan ialah member dorongan agar ibu memiliki kemampuan kuat untuk
melahirkan dan kemudian memberikan bimbingan dalam menyelesaikan
persalinan.
Rencana evaluasi dibuat untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan tindakan dilakukan.
Di dalam rencana evaluasi ditentukan
sasaran yang akan dicapai. Misalnya, dalam evaluasi ibu di masa
persalinan, maka criteria evaluasi antara lain :
(1) Tekanan darah, denyut nadi dalam batas normal.
(2) Keadaan his : kekuatan, frekuensi, dan lamanya semakin bertambah sewaktu mendekati kala II.
(3) DJJ harus selalu positif.
(4) Turunnya kepala bayi semakin maju melalui saluran persalinan.
(5) Pembukaan serviks semakin melebar (lengkap dengan garis menengah sekitar 10 cm )
c) Tindakan pelaksanaan
Tindakan yang dilakukan oelh bidan sesuai
dengan rencana yang telah disusun. Tindakan yang dilakukan berdasarkan
prosedur yang telah lazim diikuti atau dilakukan. Misalnya, di dalam
melakukan tindakan pada kasus partus kala II, bidan melakukan prosedur :
(1) Ibu mengedan sewaktu his menguat
(2) Menekan dinding perineum agar tidak robek
(3) Mempermudah gerak rotasi kepala bayi
(4) Mengeluarkan bahu dan seterusnya sampai bayi lahir dengan sempurna.
Di dalam tahap ini, bidan melakukan
observasi sesuai dengan criteria evaluasi yang telah direncanakan. Bila
bidan perlu memberikan infus atau pemberian obat, maka tindajan tersebut
dilakukan sesuai dengan prosedur tetap yang berlaku.
Berbagai hal yang perlu mendapat perhatian di dalam tahap pelaksanaan ini ialah :
(1) Intervensi yang dilakukan harus verdasarkan prosedur tetap yang lazim dilakukan.
(2) Pengamantan dilakukan secara cermat dan tepat sesuai dengan criteria evaluasi yang ditetapkan.
(3) Pengendalian keadaan pasien/klien sehingga secara berangsur-angsur menuju kondisi kesehatan yang diharapakn.
Di dalam melaksanakan tindakan, bidan
dapat melakukan asuhan secara mandiri untuk kasus-kasus yang di dalam
batas kewenangannya. Bila bidan menemukan kasus di luar batas
kewenangannya di dalam melakukan tindakan, maka pasien/klien tersebut
dirujuk ke rumah sakit (dengan dokter atau tenaga kesehatan lainnya pada
kasus-kasus tertentu.
d) Evaluasi
Bidan melakukan evaluasi sesuai dengan
criteria yang telah ditetapkan di dalam rencana kegiatan. Tujuan
evaluasi adalah untuk mengetahui kemajuan hasil dari tindakan yang
dilakukan. Semakin dekat hasil tindakan yang dilakukan dengan sasaran
yang ditetapkan didalam criteria evaluasi, tindakan akan mendekati
keberhasilan yang diharapakan.
Misalnya, ibu telah menyelesaikan
persalinan. Di dalam evaluasi menunjukkan tekanan darah dan denyut nadi
normal, bayi lahir dengan selamat dan tidak ada kelainan, serta plasenta
keluar denganspontan, dan tidak terjadi pendarahan setelah partus.
Maka hasil evaluasi menunjukkan bahwa
tujuan pertolongan persalinan tercapai, dan hasilnya ibu dapat
menyelesaikan persalinan dengan selamat dalam keadaan sehat, disertai
bayi yang dilahirkan juga dalam keadaan sehat.
Hasil evaluasi dapat digunakan untuk
kegiatan asuhan lebih lanjut bila diperlukan, atau sebagai bahan
peninjauan terhadap langkah-langkah di dalam proses manajemen sebelumnya
oleh karena tindakan yang dilakukan kurang berhasil.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pada dasarnya untuk melakukan manajemen
kebidanan memang harus melewati beberapa tahap. Seperti dikemukakan
Hellen Varney ada 7 langkah sedangkan dari depkes menyatakan 5 langkah.
Pada prinsipnya masing-masing pendapat sama, hanya berbeda dalam cara
pendokumentasiannya. Namun dalam penerapannya nanti tidaklah harus kaku
menggunakan 5 langkah atau 7 langkah yang perlu diingat bahwa dalam
manajemen kebidanan tersebut dilakukan secara sistematis dengan metode
pendekatan tertentu dalam membantu pemecahan masalah kesehatan ibu dan
anak.
Secara umum konsep manajemen kebidanan berkualitas meliputi :
- Manajemen dilakukan melalui pendekatan dengan mengidentifikasi kebutuhan konsumen.
- Meliputi seluruh kegiatan.
- Meliputi seluruh aspek pelayanan dan dedikasi aktif seluruh staf untuk mengidentifikasi seluruh konsumen.
- Memberikan pelayanan secara berkesinambungan.
- Memonitor kepuasan konsumen.
- Memahami kebutuhan dan memantau perubahan yang terjadi melalui pemantauan ulang.
- Meningkatkan sumber daya untuk mengembangkan kualitas tindakan dab pelayanan khusus secara tetap melalui prosedur dan system informasi yang fleksibel.
Dalam penyusunan makalah ini, masih
terdapat banyak kesalahan-kesalahan. Oleh karena itu, kami senantiasa
menerima saran dan kritik yang sifatnya membangun.
DAFTAR PUSTAKA
Asrinah,dkk. 2010. Konsep kebidanan. Graha Ilmu : Yogyakarta. Hal. 109
Estiwidani, dkk. 2009. Konsep Kebidanan. Fitramaya : Yogyakarta. Hal. 117
Tadjuddin norma. Konsep Kebidanan. Poltekkes Kemenkes Makassar : Makassar. Hal 70