Tuesday, November 20, 2012

Cara Menjaga Kesegaran Sayuran

 Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber zat gizi yang baik untuk kesehatan apabila dikonsumsi, kandungan antioksidan dalam sayur dan buah berguna untuk menghancurkan radikal bebas dan mampu melindungi tubuh dari reaksi oksidatif yang menghasilkan racun.

Warna hijau pada sayuran menandakan sumber beta karoten (provitamin A), yang berarti makin tua warna hijaunya, maka semakin banyak pula kandungan beta karotennya. Fungsi utama dri beta karoten adalah memperlambat proses penuaan dini, mencegah resiko kanker, meningkatkan fungsi paru-paru, dan menurunkan komplikasi yang berkaitan dengan diabetes.


Begitu banyak manfaat sayur dan buah-buahan bagi kesehatan tubuh kita, apalagi jika diolah masih dalam keadaan segar. Nah berikut ini beberapa tips yang dapat kita gunakan supaya sayur dan buah tetap segar dan lebih tahan lama,

Cara Menjaga Kesegaran Sayuran

Cuci sayuran di air mengalir untuk menghilangkan kandungan pestisida yang mungkin masih melekat pada sayuran.
Pisahkan sayur sesuai dengan jenisnya, dimaksudkan untuk membedakan perlakuan masing-masing jenis sayuran anda supaya tetap bertekstur keras dan bentuknya tetap menarik.
Simpan sayuran dalam lemari pendingin untuk menjaga kesegarannya, saat menyimpan dalam lemari pendingin, gunakan wadah atau plastik agar tidak terkontaminasi dengan kuman yang dapat membuat sayur cepat busuk, dan untuk sayur atau buah yang mengandung asam lemak tinggi sebaiknya menggunakan aluminium foil.
Untuk proses pemasakan sebaiknya sebentar saja, jika terlalu lama kandungan vitamin yang ada di dalamnya akan hilang.


Cara Menjaga Kesegaran Sayuran

Bersihkan kandungan pestisida yang mungkin masih melekat dengan air mengalir atau cairan pencuci buah.
Pisahkan buah-buahan berdasarkan jenisnya, berguna untuk menghindari buah agar tidak berubah bentuknya, karena mungkin tertindih oleh buah yang lebih berat.
Simpan dalam lemari pendingin, seperti halnya sayuran, saat menyimpannya di lemari pendingin sebaiknya menggunakan wadah atau plastik.