Saturday, November 3, 2012

Apakah Pengaruh minuman berEnergi

Benarkah ketika anda meminum minuman berenergi anda merasakan energi anda bertambah…? Masak sih…? Masak iya…?

Sebenarnya energi yang kita dapatkan itu dari mana…? Bro taukah anda bagwa sebenarnya dan sesungguhnya energi yang kita dapatkan itu dari karbohidrat, protein dan lemak…? Karbohidrat yang terutama. Karena karbohidrat yang kita dapatkan dalam makanan itu yang memberikan energi bagi kita. Kita orang indonesia biasa memakan nasi sebagai makanan pokok. Nah nasi itu sebagai sumber karbohidrat kita.. Dengan kata lain nasi yang kita makan itu sebagai sumber energi. Ketika didaam tubuh kita tidak memiliki karbohidrat maka unsur yang dipakai untuk kita beraktifitas adalah protein dan lemak. Makanya kalau kita jarang makan kita bisa kurus.. Karena cadangan makanan kita terpaksa diambil dari unsur lain seperti protein dan lemak. Dimana protein sebagai zat pembentuk/pembangun tubuh, pembentuk sel-sel dalam tubuh, dan lemak sebagai cadangan energi.

Kembali ke minuman berenerginya.. Jadi apakah energi kita bertambah ketika meminumnya…? Ada gak unsur energi didalamnya..? Coba perhatikan. Kalau saya liat sih ada juga kandungan karbohidrta didalamnya.. Tapi apakah mencukupi sebagai sumber energi… Ya enggak lah… Nah tapi mengapa kita seolah-olah berenergi ketika meminumnya…? Why…?

Pertama mungkin karena penyampaian terhadap produk ini yang diterima oleh para pemakainya… Liat gak iklan-iklan yang ditampilkan oleh minuman berenergi ini… Para pekerja keras yang kembali ber STAMINA ketika meminumnya… Nah itulah yang menjadi mindset pertama oleh para peminumnya… Dengan minum minuman ini kita akan kembali berstamina, kita akan kembali berenergi….

Kedua dan yang paling utama, bahwa sebenarnya kandungan dari minuman berenergi itu yang membuat kita seoolah-olah kembali berenergi.. Coba anda cek komposisi dari minuman berenergi itu.. Kalau saya liat sih ada caffeine nya, nah itulah salah satu yang menyebabkan kita seolah-olah kembali berenergi.. Caffeine merupakan salah satu bahan penyegar yang berfungsi untuk stimulasi sistem saraf pusat, stimulasi sistem metabolisme, menyerap karbohidrat. Stimulasi sistem syaraf pusat yang meningkat akan meningkatkan alertness (kewaspadaan) wakefulness (terjaga), kecepatan dalam berfikir, fokus dan koordinasi tubuh yang baik. Nah efek inilah yang membuat kita seolah-olah kembali berenergi… So bukan energi yang kita dapatkan dari minuman berenergi.

Taurine juga terdapat dalam komposisi minuman berenergi dimana taurine dapat menurunkan kadar gula darah, mencegah kelelahan otot, memperbaiki kerusakan hati akibat mengkonsumsi alkohol. So sekali lagi bukan menambah energi. Tapi ketika kita capek bekerja dengan minuman berenergi dapat menguragi kelelahan pada otot. Sekali lagi bukan energi yang kita dapatkan..

So brother cermatilah ketika mau mengkonsumsi sesuatu. Jangan mudah termakan iklan. Dan janganlah mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan. Biasakan untuk mendifferensiasikan makanan.