Friday, November 23, 2012

Air jeruk berfungsi meningkatkan pembuluh darah dan menjauhkan risiko penyakit jantung

Mengkonsumsi buah apel dalam sehari dapat membuat kita jarang mengunjungi dokter, begitu pula dengan kandungan yang terdapat dalam orange juice.

Seperti yang dilaporkan para peneliti, zat antioksidan dalam air jeruk yang disebut hesperidin berfungsi meningkatkan pembuluh darah dan membantu orang yang terkena risiko penyakit jantung, demikian ditulis webmd, Senin (20/07).
Hesperidin merupakan tanaman berbasis senyawa yang disebut flavonoid. (buah anggur, anggur merah, teh hijau dan hitam, juga coklat yang mengandung flavonoids). Sebuah pertumbuhan tubuh adalah bukti pengungkapan bahwa flavonoids dapat meningkatkan kesehatan terhadap buruknya sel peredaran darah.

Cara kerja sel ini disebut sebagai "fungsi endothelial." Permasalahan pada sel ini mengakibatkan perkembangan arteri menjadi buntu, hal ini merupakan faktor risiko serangan jantung dan Stroke.

Untuk mempelajarinya, 24 laki-laki sehat yang menghadapi risiko penyakit cardiovascular setiap minum 500 ml air jeruk setiap hari, sebuah minuman "palsu" yang berisi kalori yang sama seperti air jeruk, atau minuman "palsu" yang dibentengi dengan 292 mg hesperidin. Segelas 500 ml air jeruk alami yang berisi 292 mg hesperidin. Selama kajian, setiap pria meminumnya secara rutin selama satu bulan.

Para peneliti menemukan ketika pria meminum orange juice setiap hari atau minuman yang mengandung hesperidin, secara berkala fungsi endothelial kian membaik dan dapat pula menurunkan tekanan darah diastolic (di bawah jumlah keterangan tekanan darah) bila dibandingkan mereka yang tidak minum hesperidin. Selain itu, profil ekspresi gen (seperti yang terkait dengan penyakit cardiovascular pembangunan) telah ditingkatkan.

Temuan itu kini tengah disajikan minggu ini pada acara American Heart Association's Basic Cardiovascular Sciences Annual Conference di Las Vegas