Wednesday, April 17, 2013

kisah-kisah ilmuwan gila dan karya mereka yang mengerikan

kisah-kisah perihal ilmuwan gila serta karya mereka yang mengerikan, sering bermunculan. sejak novel frankenstein karya mary shelley terbit,

nyatanya, itu tidak sebatas fiksi, ada di kehidupan nyata. dari anjing zombie sampai alat untuk mengatur pikiran seseorang. tersebut sebanyak eksperimen sangat mengerikan, atau dikira mengerikan yang dulu dikerjakan yang diambil dari livescience.

1. lubang hitam ( black hole ) picu kiamat

waktu akselelator sangat hebat sejagad, large hadron collider ( lhc ) dinyalakan, sebanyak orang menahan nafas. sepanjang bertahun-tahun beredar rumor, bahwa pemecah partikel itu dapat menciptakan lubang hitam mini yang dapat menghancurkan bumi. pada th. 2008, sekelompok orang apalagi mengajukan gugatan untuk menghentikan operasional lhc, dengan alasan tabrakan atom dapat menyebabkan kiamat.

walau terdengar masuk akal, pada prinsipnya tak ada peluang untuk lhc untuk menghancurkan bumi. sesuatu studi komperehensif mengalkulasi, cahaya kosmik yang membombardir bumi dengan teratur menciptakan daya tubrukan yang lebih tinggi dari akseleletor partikel itu.

penelitian itu mengungkap, apa yang dikerjakan alam setara dengan beberapa ratus ribu kali program eksperimen lhc. serta planet ini terus bertahan.

serta dapat dibuktikan dunia tidak lalu luruh dikarenakan lhc. awal th. ini, fisikawan apalagi menginformasikan partikel yang 99, 999 % higgs boson -- partikel yang berperan berikan massa pada partikel lain. atau popular dengan sebutan partikel tuhan

2. anjing zombi

pada th. 1940-an, ilmuwan rusia merilis video yang tunjukkan sebagian kepala anjing yang terpenggal dapat bertahan hidup sampai sebagian jam. apalagi diklaim dapat mengerakkan telinganya sebagai tanggapan dari nada, serta apalagi menjilati bibirnya. ilmuwan saat itu mengklaim, mereka dapat menghidupkan binatang yang tidak lagi utuh itu dengan langkah menggunakan sistem sirkulasi darah buatan.

sesaat pada th. 2005 lantas, giliran ilmuwan amerika serikat yang menciptakan anjing zombie. langkahnya, tim pakar membunuh sebanyak anjing dengan cepat, dengan langkah kuras darah didalam tubuhnya serta menggantinya dengan oksigen serta larutan saline yang memiliki kandungan gula. demikianlah menurut beberapa peneliti dari safar center for resuscitation research dari university of pittsburgh.

lantas, tiga jam lantas, tim mentransfusikan darah ke tubuh anjing tersebut, diikuti sengatan listrik. anjing-anjing itu kembali sembuh, walau sebagian diantaranya alami rusaknya permanen.

walau langkahnya mengerikan, penelitian itu mempunyai tujuan baik. layaknya dimuat yearbook of intensive care and emergency medicine, penelitian itu mengungkap penyembuhan sejenis itu satu waktu dapat dipakai pada manusia. untuk menyelamatkan orang yang alami pendarahan hebat, memberi jeda waktu sebelum saat mereka dikerjakan dokter.

3. pengontrol pikiran

pada th. 1950-an, cia meluncurkan program superrahasia, mkultra. tujuannya melacak obat atau tehnik yang dapat dipakai untuk mengendalikan pikiran manusia. kian lebih dua dekade setelah itu, instansi intelijen itu menggunakan halusinasi, situasi kurang tidur ekstrem, serta alat kejut listrik sebagai usaha pencucian otak prima.

ilmuwan cia lakukan kian lebih 149 proyek riset sebagai sisi dari mkultra. di antaranya, mereka mengetes efektivitas lsd didalam kondisi sosial spesifik dengan langkah, diam-diam membubuhkan obat di sesuatu bar di new york atau san francisco. atau tawarkan heroin pada pecandu supaya mereka dapat berhalusinasi.

dihantui skandal watergate, pada th. 1973 direktur cia, richard helms memerintahkan dokumen tang berkenaan dengan proyek tersebut dimusnahkan. tetapi, sebanyak dokumen sukses lolos, pada 1977 atas nama uu kebebasan info, sejumlah 20. 000 halaman dirilis.

4. perawat mematikan

pada th. 1963, psikolog sosial stanley milgram mengungkap bagaimana mahasiswa yale bersedia berikan surprise listrik mematikan pada orang asing, bila aparat berwenang menghendakinya.

dari sana, psikiater charles hofling pingin menunjukkan bagaimana ketaatan merubah ketentuan seseorang -- yang tidak tahu bahwa ia yaitu sisi dari sesuatu eksperimen.

didalam sesuatu makalah yang ditulis pada 1966, an experimental study of nurse-physician relationships, hofling mendeskripsikan sesuatu protokol mengerikan : seorang dokter menghendaki perawat yang tugas malam untuk menambah obat pasien 2 x lipat dari dosis optimal melalui telephone. tanpa diketahui perawat, obat itu sesungguhnya yaitu pil yang sekalipun tidak berguna. serta dokter yang memerintahkan yaitu dokter palsu.

herannya, 21 dari 22 perawat mencukupi perintah itu, walau tahu benar obat itu membahayakan pasiennya serta melanggar aturan rs dengan terima perintah melalui telephone.

studi ini tunjukkan bagaimana aura sesuatu otoritas dapat merubah ketentuan etis seseorang.

5. bomber kelelawar

pada perang dunia ii, korps angkatan laut as kerjakan sesuatu proyek untuk melatih kelelawar sebagai bomber kamikaze melawan jepang.

yaitu seorang dokter gigi asal pennsylvania, lytle adams, yang mengajukan inspirasi tersebut pada gedung putih pada th. 1942, sesudah berkunjung ke gua kelelawar di carlsbad caverns, new mexico.

langkahnya dengan menciptakan bom kecil serta memakai sensor alami hewan itu untuk bersarang di lumbung serta loteng.

gagasan lytle itu, kelelawar yang dipasangi bom itu dapat terbang ke jepang, bersarang di bangunan di kota-kota di negeri matahari terbit yang beberapa besar terbuat dari kayu. serta meledakkannya.

korps marinir menangkap beberapa ribu kelelawar di meksiko serta mengembangkan alat peledak untuk dipasang di punggung hewan itu. tetapi, proyek ini dibatalkan pada th. 1943, barangkali dikarenakan pemerintah as sudah bikin kemajuan bermakna didalam proyek bom atom. ( umi )

© viva. co. id

Kini Muncul Kotak Komentar Buat anda yang ingin mengemontari artikel Analisis Kesehatan. komentar langsung terbit Blog DeFollow...
EmoticonEmoticon