Sunday, February 3, 2013

Pencegahan penyakit kaki gajah Filariasis atau Elephantiasis

 penyakit kaki gajah ( filariasis atau elephantiasis ) yaitu golongan penyakit menular yang dikarenakan oleh cacing filaria yang ditularkan melewati beragam type nyamuk. sesudah tergigit nyamuk, parasit ( larva ) dapat menjalar serta saat hingga pada jaringan sistem lympa maka berkembanglah jadi penyakit tersebut.

penyakit ini berbentuk menahun ( kritis ) serta apabila tidak memperoleh penyembuhan, bisa menyebabkan cacat menetap berbentuk pembesaran kaki, lengan serta alat kelamin baik wanita ataupun lelaki. penyakit kaki gajah tidaklah penyakit yang mematikan, tetapi demikianlah untuk pasien barangkali jadi suatu hal yang dirasakan memalukan apalagi bisa mengganggu kegiatan sehari-hari.

penyakit kaki gajah biasanya banyak ada pada lokasi tropis. menurut informasi dari who, urutan negara yang ada pasien alami penyakit kaki gajah yaitu asia selatan ( india serta bangladesh ), afrika, pasifik serta amerika. belakangan banyak juga berlangsung di negara thailan serta indonesia ( asia tenggara ).

penularan penyakit kaki gajah

penyakit ini ditularkan melewati nyamuk yang menghisap darah seseorang yang sudah tertular pada mulanya. darah yang terinfeksi serta memiliki kandungan larva serta dapat ditularkan ke orang lain pada waktu nyamuk yang terinfeksi menggigit atau menghisap darah orang tersebut.

tidak layaknya malaria serta demam berdarah, filariasis bisa ditularkan oleh 23 spesies nyamuk dari genus anopheles, culex, mansonia, aedes & ; armigeres. dikarenakan inilah, filariasis bisa menular dengan amat cepat.

sinyal serta tanda-tanda penyakit kaki gajah

seseorang yang terinfeksi penyakit kaki gajah biasanya berlangsung pada umur kanak-kanak, di mana kurun waktu yang cukup lama ( bertahun-tahun ) mulai dirasakan perubahannya.
adapun tanda-tanda akut yang bisa berlangsung diantaranya :

demam berulang-ulang sepanjang 3-5 hari, demam bisa hilang apabila istirahat serta nampak lagi sesudah bekerja berat
pembengkakan kelenjar getah bening ( tanpa ada luka ) didaerah lipatan paha, ketiak ( lymphadenitis ) yang terlihat kemerahan, panas serta sakit
radang saluran kelenjar getah bening yang merasa panas serta sakit yang menjalar dari pangkal kaki atau pangkal lengan kearah ujung ( retrograde lymphangitis )
filarial abses akibat kerapkalinya menderita pembengkakan kelenjar getah bening, bisa pecah serta mengeluarkan nanah dan darah
pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yang tampak agak kemerahan serta merasa panas ( early lymphodema )


namun tanda-tanda kritis dari penyakit kaki gajah yakni berbentuk pembesaran yang menetap ( elephantiasis ) pada tungkai, lengan, buah dada, buah zakar ( elephantiasis skroti ).

kontrol diagnostik penyakit kaki gajah

penyakit kaki gajah ini biasanya terdeteksi melewati kontrol mikroskopis darah, hingga saat ini perihal tersebut tetap dirasakan sukar dikerjakan dikarenakan microfilaria cuma nampak serta menampilkan diri didalam darah pada saat malam hari sepanjang sebagian jam saja ( nocturnal periodicity ).

disamping itu, beragam methode kontrol juga dikerjakan untuk mendiagnosa penyakit kaki gajah. salah satunya adalah dengan system yang dikenal sebagai penjaringan membran, metode konsentrasi knott serta tehnik pengendapan.

metode kontrol yang lebih mendekati kearah diagnosa serta dianggap oleh pihak who yaitu dengan jalur kontrol sistem tes kartu, perihal ini amatlah sederhana serta sensitif untuk mendeteksi penyebaran parasit ( larva ). yakni dengan langkah mengambil sample darah sistem tusukan jari droplets diwaktu kapanpun, tidak mesti pada malam hari.

penanganan serta penyembuhan penyakit kaki gajah

tujuan utama didalam penanganan awal pada pasien penyakit kaki gajah yaitu membasmi parasit atau larva yang berkembang didalam tubuh pasien, hingga tingkat penularan bisa ditekan serta dikurangi.

dietilkarbamasin {diethylcarbamazine ( dec )} yaitu hanya satu obat filariasis yang ampuh baik untuk filariasis bancrofti ataupun malayi, berbentuk makrofilarisidal serta mikrofilarisidal. obat ini tergolong murah, safe serta tak ada resistensi obat. pasien yang memperoleh terapi obat ini barangkali dapat berikan reaksi samping sistemik serta lokal yang berbentuk sesaat serta mudah diatasi dengan obat simtomatik.

dietilkarbamasin tidak bisa digunakan untuk khemoprofilaksis. penyembuhan diberikan oral setelah makan malam, diserap cepat, meraih konsentrasi puncak didalam darah didalam 3 jam, serta diekskresi melewati air kemih. dietilkarbamasin tidak diberikanpada anak berusia kurang dari 2 th., ibu hamil/menyusui, serta pasien sakit berat atau
didalam situasi lemah.

tetapi pada masalah penyakit kaki gajah yang cukup kronis ( telah membesar ) dikarenakan tidak terdeteksi awal, tak hanya pemberian obat-obatan pastinya membutuhkan langkah kelanjutan layaknya tindakan operasi.

pencegahan penyakit kaki gajah

untuk pasien penyakit gajah diinginkan kesadarannya untuk memeriksakan kedokter serta memperoleh penanganan obat-obtan hingga tidak menyebarkan penularan pada penduduk yang lain. karenanyalah butuh ada pendidikan serta pengenalan penyakit pada pasien serta warga sekitarnya.

pemberantasan nyamuk diwilayah tiap-tiap amatlah mutlak untuk memutus mata rantai penularan penyakit ini. melindungi kebersihan lingkungan adalah perihal terutama untuk menghindar berlangsungnya perubahan nyamuk diwilayah tersebut.

1 komentar

Ternyata sehat itu mahal ya

lebih mahal iman yg ada didalam hati kita

=====================
monggo mampir ke warung ane "PROGRAM BENSIN 3000/ltr"

Kini Muncul Kotak Komentar Buat anda yang ingin mengemontari artikel Analisis Kesehatan. komentar langsung terbit Blog DeFollow...
EmoticonEmoticon