Saturday, February 16, 2013

Penanganan dan Pengobatan Penyakit Asma

penyakit asma ( asthma ) yaitu satu penyakit kronik ( menahun ) yang menyerang saluran pernafasan ( bronchiale ) pada paru di mana ada peradangan ( inflamasi ) dinding rongga bronchiale hingga menyebabkan penyempitan saluran nafas yang selanjutnya seseorang alami sesak nafas. penyakit asma sangat banyak ditemukan di negara maju, terlebih yang tingkat polusi udaranya tinggi baik dari asap kendaraan ataupun debu padang pasir.

pemicu penyakit asma


hingga saat ini pemicu penyakit asma belum diketahui dengan tentu walau sudah banyak penelitian oleh beberapa pakar. teori atau hypotesis tentang pemicu seseorang mengidap asma belum disepakati oleh beberapa pakar di dunia kesehatan.

tetapi demikianlah yang bisa diartikan yaitu bahwa pada pasien asma saluran pernapasannya mempunyai karakter yang khas yakni amat sensitif pada beragam rangsangan ( bronchial hyperreactivity = hipereaktivitas saluran napas ) layaknya polusi hawa ( asap, debu, zat kimia ), serbuk sari, hawa dingin, makanan, hewan berbulu, tekanan jiwa, bau/aroma menyengat ( contohnya ;parfum ) serta olahraga.

disamping itu berlangsungnya serangan asma sebagai akibat efek pasien alami infeksi saluran pernafasan atas ( ispa ) baik flu maupun sinisitis. serangan penyakit asma juga dapat dihadapi oleh sebagian wanita dimasa siklus menstruasi, perihal ini amat jarang sekali.

angka peningkatan pasien asma dihubungkan karenanya ada factor efek yang beri dukungan seseorang menderita penyakit asma, contohnya factor keturunan. bila seorang ibu atau bapak menderita penyakit asma, maka kemungkinan besar ada pasien asma didalam bagian keluarga tersebut.

sinyal serta tanda-tanda penyakit asma


adapun sinyal serta tanda-tanda penyakit asma salah satunya :

- pernafasan berbunyi ( wheezing/mengi/bengek ) terlebih waktu mengeluarkan nafas ( exhalation ). tidak seluruh pasien asma mempunyai pernafasan yang berbunyi, serta tidak seluruh orang yang nafasnya terdegar wheezing yaitu pasien asma !
- ada sesak nafas sebagai akibat penyempitan saluran bronki ( bronchiale ).
- batuk berkelanjutan di waktu malam hari atau cuaca dingin.
- ada keluhan pasien yang rasakan dada sempit..
- serangan asma yang hebat mengakibatkan pasien tidak bisa bicara dikarenakan kesulitannya saat mengatur pernafasan.

pada umur anak-anak, tanda-tanda awal bisa berbentuk rasa gatal dirongga dada atau leher. sepanjang serangan asma, rasa kekhawatiran yang terlalu berlebih dari pasien bisa memperburuk situasiya. sebagai reaksi pada kekhawatiran, pasien akan mengeluarkan banyak keringat.

langkah hindari serangan asma


langkah pas yang bisa dikerjakan untuk hindari serangan asma yaitu menjauhi faktor-faktor pemicu yang menyebabkan munculnya serangan asma itu sendiri. tiap-tiap pasien biasanya mempunyai ciri khas tersendiri pada perihal sebagai penyebab serangan asmanya.

sesudah berlangsungnya serangan asma, jika pasien telah jadi bisa bernafas lega walau demikian dianjurkan untuk melanjutkan pengobatannya cocok obat serta dosis yang didapatkan dari dokter.

penanganan serta penyembuhan penyakit asma


penyakit asma ( asthma ) hingga saat ini belum bisa diobati dengan tuntas, ini berarti serangan asma bisa berlangsung masa datang. penanganan serta pemberian obat-obatan pada pasien asma yaitu sebagai tindakan menangani serangan yang timbul yang mana sesuai dengan tingkat keparahan dari sinyal serta tanda-tanda itu sendiri. prinsip basic penanganan serangan asma yaitu dengan pemberian obat-obatan baik suntikan ( hydrocortisone ), syrup ventolin ( salbutamol ) atau nebulizer ( gas salbutamol ) untuk menolong melonggarkan saluran pernafasan.

pada masalah-kasus yang mudah di mana dirasakan ada keluhan yang mengarah pada tanda-tanda serangan asma atau untuk menghindar berlangsungnya serangan kelanjutan, maka tim kesehatan atau dokter dapat berikan obat tablet layaknya aminophylin serta prednisolone. untuk pasien asma, dianjurkan pada mereka untuk menyediakan/menyimpan obat hirup ( ventolin inhaler ) dimanapun mereka ada yang bisa menolong melonggarkan saluran pernafasan dikala serangan berlangsung.

Kini Muncul Kotak Komentar Buat anda yang ingin mengemontari artikel Analisis Kesehatan. komentar langsung terbit Blog DeFollow...
EmoticonEmoticon