Thursday, January 3, 2013

Mengenali Jamu Tradisional

Sebelum lebih jauh membahas aplikasi atau penggunaan dari Jamu Tradisional, kali ini kita akan membahas Apa itu Jamu Tradisional ? . Pengertian dari Jamu tradisional menurut saya adalah suatu ramuan yang dibuat dari bahan bahan alami digunakan sebagai obat pada penyakit tertentu. Berarti Jamu tradisional yang asli tidak menggunakan bahan kimia sebagi bahan maupun sebagai campuran bahan. Pada kenyataannya  sekarang penjual jamu tradisional yang menggunakan campuran obat kimia seperti obat penghilang rasa nyeri, penghilang rasa ngantuk dan lain lain. Hal ini jika kita tidak teliti tau bahkan tidak paham maka kita akan tertipu, pinginnya jadi herbalis minum jamu terdisional tapi yang diminum ternyata menggunakan campuran obat kimia (Jamu Tradisional Palsu).  Palsu disini karena pake campuran obat kimia bukan murni bahan alami.

Bagaiman bisa membedakan mana yang tanpa campuran ( Asli Alami ) dengan yang menggunakan campuran obat kimia ?

Kalau dari saya pribadi memang awalnya sangatlah sulit, apalagi kalau kita masih terbiasa menggunakan obat obatan kimia. Karena pembedanya adalah pada rasa, jika jamu tersebut menggunakan campuran obat kimia, maka obat tersebut akan terasa walaupun sedikit tetap akan terasa. Pahitnya bahan alami dengan pahitnya obat kimia itu berbeda. Itu semua dengan mudah kita bedakan jikalau kita benar benar sudah terbiasa dengan obat alami dan sudah lama tidak menggunakan obat kimia. Kalau saya sendiri kurang lebih 2 tahun tidak menggunakan obat kimia baru bisa membedakan mana yang asli dan yang pake campuran.

Kebanyakan dari kita terjebak pada urusan hasil instan. maksudnya mana yang cepat ada perubahan setelah minum jamu itulah jamu yang manjur. Padahal prinsib penggunaan bahan alami tidak ada yang instan tetapi bertahap. Malahan jika ada yang bilang disana lho jamunya manjur sakit kepala langsung reda ( cepat menghilangkan sakit ) bagi saya itu sangat diragukan kemurnian bahan alaminya. Dan bukan rahasia lagi bahwa salah satu daya tarik tukang jamu adalah dapat memberikan hasil secara instan. Hal tersebut sangat lah bertentangan dengan cara kerja obat alami yang bertahap ( pelan-pelan tapi pasti )

Bagaimana solusi agar terhindar dari Jamu yang menggunakan campuran ?

Cara yang aman dan pasti adalah dengan membuat Jamu/obat alami sendiri. Tentunya dibekali dengan banyak belajar dan bertanya kepada orang yang lebih pengalaman. Salah satunya kita belajar bersama di situs ini.

Bahan bahan yang kita gunakan itupun belum tentu organik contoh; bawang merah dan bawang putih yang kita peroleh dari pasar pada umumnya kebanyakan masih hasil pertanian yang tidak organik yang artinya dalam proses penanaman masih menggunakan pupuk kimia, pestisida kimia dan kimia kimia yang lainnya. Kalau menghendaki hasil yang maksimal maka kita harusnya menggunakan bahan bahan jamu/obat yang organik.

Bagaiman jika tidak bisa (kesulitan) mendapatkan bahan jamu yang organik ?

Untuk sementara dipakai saja apa adanya daripada minum jamu dengan campuran obat kimia. Sekali lagi saya katakan, jadikan itu sementara yang nantinya bagaimana kita bisa membuat jamu dari bahan bahan yang organik. Saya sendiri juga sering kesulitan intuk mandapatkan bahan bahan jamu/obat yang organik. Maka dari itu semua untuk kedepan bagaimana kita dapat memperoleh bahan jamu yang organik. Tidak lain adalah dengan cara memulai dan membudayakan pertanian maupun perkebunan organik. Itulah kenapa pada situs ini kita membahas tentang budaya organik sebagai penghasil barang organik dan jamu/obat herbal sebagai salah satu aplikasi dari barang barang organik. Dimana Herbalis Mania sangat membutuhkan Organis Mania dan Budaya Organis akan dapat dilakukan dengan sepenuhnya oleh Herbalis Mania.