Tuesday, January 22, 2013

Manfaat Berpuasa atau Faedah puasa

faedah berpuasa - tiap-tiap sebagian bln., sesuatu mode diet teranyar nampak ; diet atkins, diet sup kubis, diet makanan bayi, diet hollywood. pola makan tersebut barangkali dapat sukses untuk beberapa orang, tetapi kerap ada kecemasan tentang kesehatan periode panjang apabila dikerjakan terlampau lama.

beberapa pendukung diet teranyar menyebutkan, diet yang mereka aplikasikan bukan sekedar menolong kesehatan namun juga turunkan berat badan. puasa selang-seling, dengan ketetapan orang yang lakukan diet tidak mengonsumsi sebagian type makanan pada hari spesifik, sudah digembar-gemborkan oleh beberapa orang sebagai penemuan ilmiah yang mengagumkan.

mereka yang mengerjakannya menyebutkan, diet tersebut bisa menurukan berat badan, bikin panjang usia serta apalagi bisa menghindar demensia ( penurunan manfaat kerja tubuh ).

sudah pasti, puasa biasanya dikerjakan oleh mereka yang meyakininya, national health service ( nhs ) merekomendasikan orang-orang yang berdiet untuk tidak melupakan makan. lantas bagaimana cara kerja puasa tersebut ?

keuntungan puasa

inilah teorinya. tubuh kita mempunyai hormon perkembangan yang dikenal sebagai igf-1, yang menolong sistem tumbuh-kembang saat kita tetap kecil. tetapi, waktu sudah dewasa hormon tersebut mengakibatkan penuaan, sesaat bila pertumbuhannya melalui batas bisa mengakibatkan kanker, diabetes dan penyakit yang lain.

berpuasa turunkan tingkat igf-1, yang diakui oleh beberapa ilmuwan memperlambat perkembangan beberapa sel baru serta mendorong tubuh anda untuk melakukan perbaikan beberapa sel yang sudah ada. puasa juga bisa mempercepat sistem pembakaran lemak, hingga anda bisa turunkan berat badan.

penelitian yang dikerjakan oleh baltimore national institute on aging menyebutkan bahwa puasa sekali atau 2 x didalam sepekan bisa membuat perlindungan otak dari penyakit layaknya alzheimer serta parkinson.

sebanyak percobaan yang dikerjakan pada tikus tunjukkan, puasa bisa menambah harapan hidup hingga 50 %. sebagian orang berpikir bahwa manusia juga dapat memperoleh faedah yang sama serta nampak ketertarikan pada pola-pola puasa.

diet 5 :2

ada sesuatu puasa yang sekarang ini sedang popular. diet 5 :2, yaitu puasa dua hari kurun waktu tidak sama sepekan. pada waktu berpuasa pria bisa konsumsi 600 kalori serta wanita cuma 500 kalori.

mereka yang lakukan diet bisa menentukan untuk konsumsi makanan sekalian, atau memakannya dengan bertahap sepanjang 1 hari. motode itu diperkenalkan melalui program bbc horizon, “eat, fast and live longer, ” waktu reporter coba sebanyak tehnik puasa yang tidak sama.

dia juga menulis pengalamannya serta keuntungan yang dapat didapatkannya. di bawah ini pengalaman tiga orang yang sudah coba diet 5 :2.

david, 32 tahun

“saya mulai tertarik puasa selang-seling dikarenakan tuturnya menolong panjang usia serta jadi lebih sehat. saya tidak terlampau tertarik turunkan berat badan dikarenakan saya tidak gemuk, walau saya sudah kehilangan tiga kilogram berat tubuh didalam empat pekan periode diet tersebut, perut saya tambah lebih datar. ”

“hari-hari waktu berpuasa cukup sukar. saya tidak bisa belari atau berolahraga dikarenakan saya tidak senantiasa memiliki daya serta kadang-kadang jadi sedikit pemarah. saya mengonsumsi semangkok kecil bubur untuk sarapan serta dua mangkuk kecil salad di siang hari. ”

“namun akhirnya bagus. maksud saya, saya bisa nikmati banyak makanan yang saya akan di hari selanjutnya serta bisa menambah kesehatan periode panjang. ”

“saya jadi ini layaknya sesuatu pergantian pola hidup dibanding sesuatu mode diet, saya rasa dapat mengerjakannya kurun waktu yang lama. ”

victoria, 61 tahun

“saya pensiunan dokter umum serta senantiasa skeptis pada beragam type diet yang ekstrem. tetapi sesudah melihat sesuatu tayangan dokumenter, saya mengambil keputusan mencobanya. ”

“motivasi utama saya yaitu untuk turunkan berat badan tetapi saya juga tertarik dikarenakan tuturnya diet itu bisa menghindar alzheimer. ibu saya menderita demensia serta saya pingin lakukan apapun untuk kurangi risikonya. ”

“saya sudah mencobanya sepanjang lima pekan serta saat ini badan saya turun satu pon ( lebih kurang 0, 45 kg ) tiap-tiap pekan. ”

“itu diet yang aneh dikarenakan amat gampang sekalian sukar dikerjakan. waktu berpuasa, saya makan dua porsi kecil serta saya jadi terkadang sukar menahan diri untuk makan makanan ringan serta menyerah mengerjakannya. tetapi, saya dapat makan apa pun yang di idamkan di sisa pekan — lantas saya tidak jadi bersalah bila saya menggunakan kue atau biskuit. saya pikir barangkali dapat mengerjakannya selama hidup. ”

stephanie, 30 tahun

“saya betul-betul pingin coba puasa selang-seling dikarenakan benci untuk senantiasa memikirkan diet. saya kehilangan banyak berat tubuh dengan slimming world, tetapi anda mesti senantiasa waspada waktu lakukan cara tersebut. dengan puasa dengan berselang, saya cuma butuh mencemaskan periode diet dua hari didalam sepekan yang saya kerjakan. ”

“namun, saya mengambil keputusan untuk tidak meneruskannya. belum ada penelitian selanjutnya pada manusia, lantas saya menyelidikinya membaca komunitas online serta sebagian situs (blog). ada pendapat yang menyebutkan, puasa selang-seling bisa menggangu kesuburan wanita, serta saya tetap merencanakan untuk mempunyai anak. ”

“mungkin saya dapat mengerjakannya lagi saat telah tidak mau menambah anak, terlebih bila sudah banyak dikerjakan penelitian tentang efeknya pada manusia dibanding pada tikus !”

bertanya dokter

studi masalah yang sudah di uraikan tunjukkan, belum ada uji cobalah kelanjutan tentang faedah atau kerugian yang disebabkan dari puasa selang-seling pada manusia.

bila anda tergoda untuk mencobanya, dapat tambah baik untuk membicarakannya dengan dokter terlebih dulu untuk meyakinkan bahwa perihal itu tak lagi membahayakan kesehatan anda.

tetapi apabila beberapa ilmuwan benar serta faedah yang dihasilkan demikian besar, maka puasa dua hari didalam sepekan anda bisa jadi sama pentingnya dengan program mengonsumsi lima buah didalam 1 hari.

anda telah coba puasa selang-seling ? apa yang anda makan waktu berpuasa ? apakah itu sekedar hanya mode diet ataukah sesuatu penemuan teranyar ? berbagilah pengalaman dan pikiran anda dengan beberapa pembaca lain pada komentar-komentar dibawah ini.