Tuesday, November 27, 2012

Tips Cara Mencegah dan Mengatasi Jerawat Batu


Jerawat Batu telah menjadi masalah besar untuk pria dan wanita ini terjadi karena pori-pori pada kulit wajah tersumbat sehingga terjadi peradangan. Dalam bahasa Inggris jerawat batu disebut dengan Cystic acne, merupakan salah satu jenis jerawat yang besar-besar, dengan peradangan tinggi, dan biasanya berkumpul di seluruh muka.

Jerawat batu ini terkadang membuat wajah penderita rusak secara fisik dan psikis, kepercayaan dirinya akan pudar karena penampilannya yang kurang menarik.

Adapun penyebab dari jerawat batu adalah karena faktor keturunan atau genetik. Faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya jerawat batu yang dimiliki oleh penderita secara genetik, yaitu :

Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak,
Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal,
Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.
Ada juga faktor lain yang dapat menimbulkan timbulnya jerawat batu adalah wajah sering terkena sinar matahari secara langsung dan dari pemakaian alat kosmetik. Lantas, bagaimana cara-caranya mengatasi jerawat batu?
Mencegah dan Mengatasi Jerawat Batu
Mengatasi jerawat batu memerlukan waktu karena jerawat jenis ini termasuk tipe jerawat dengan tingkat peradangan tinggi. Untuk mengatasi jerawat batu karena penyebab tersebut diatas, hal pertama dan utama adalah harus menjaga kebersihan wajah, baik saat ada di rumah, setelah menggunakan kosmetik, dan dimalam hari menjelang tidur. Sehingga pencegahan ini dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat batu.

Mengatasi jerawat batu dapat dilakukan dengan berkonsultasi ke dokter. Dokter akan menganalisa jenis kulit anda sehingga pengobatan untuk mengatasi jerawat batu menjadi semakin efektif. Dengan resep yang diberikan oleh dokter, anda pun dapat mengobati dan memberantas jerawat batu dari wajah anda.
Mengatasi Jerawat Batu dengan Cara Alami
Namun, bila anda ingin mengatasi jerawat batu dengan cara alami yang mudah dan murah, anda pun dapat melakukannya di rumah. Bahan-bahannya pun mudah untuk diperoleh. Salah cara untuk mengatasi jerawat batu adalah dengan menggunakan tomat. Tomat dapat digunakan sebagai masker di wajah setelah dihancurkan. Diamkan sekitar 10 – 15 menit agar sari patinya meresap pada kulit. Khasiat masker tomat ini dapat menghaluskan kulit wajah.

Selain itu, anda juga dapat mengatasi jerawat batu dengan menggunakan mentimun. Setelah mentimun di parut, gunakanlah sebagai masker dan diamkan selama 20 – 25 menit. Selain tomat dan mentimun, anda juga dapat menggunakan sari jeruk nipis untuk mengatasi jerawat batu. Ambilah satu sendok air jeruk nipis dan oleskan pada jerawat batu yang membandel. Lakukan secara berulang-ulang sampai jerawat itu pecah. Biarpun, murah meriah, tomat, mentimun dan jeruk nipis pun sudah dikenal luas untuk mengatasi jerawat batu.

sumber