Tuesday, November 20, 2012

makalah CARA MENGURANGI dan MENURUNKAN BERAT BADAN DENGAN SEHAT, AMAN TANPA EFEK SAMPING

Kelebihan berat badan bisa berdampak pada berbagai macam penyakit, dan factor psikis yang kurang percaya diri, kurang energik, kurang sehat dan prima apalagi diatas usia 30 tahun, Kelebihan berat badan bisa berdampak kompleks. Oleh karena itu menjaga kesehatan an asupan nutrisi berat badan adalah sangat penting dan wajib jika kita tidak mau terkapar di rumah sakit atau masuk ruang ICU.
Bagaimana cara mengurangi dan menurunkan berat badan dengan aman, sehat tanpa efek samping?

Cara paling aman, sehat dan tanpa efek samping adalah dengan menggunakan nutrisi makanan sehat dari Herbalife. Apa itu Nutrisi Herbalife? Nutrisi herbalife adalah makanan sehat dari sayur dan buah yang dibentuk seperti susu bubuk sebagai pengganti makan pagi dan malam, disertai serat makanan atau fiber and herbs maka pencernaan kita akan sehat dan pembuangan kita akan lancar. Pola hidup kita juga harus mengkonsumsi air putih minimal 2 liter per hari untuk memperlancar metabolisme tubuh agar peredaran darah lancar dan sehat. Dalam proses mengurangi dan menurunkan berat badan diperlukan juga pemblokir lemak dan penghancur lemak yang efektif dan aman agar badan cepat mencapai berat badan ideal.

Oleh karena itu sebelum memulai diet turun berat badan tentukan dulu seberapa banyak kg yang akan kita buang dalam waktu 1bulan. Kemudian masuk ke tahap-tahap yang saya ungkapkan di atas. Selanjutnya, siap untuk menolak makan berlemak, berkarbohidrat tinggi, dan kebiasaan “ngemil” kebiasaan minum kopi dan teh manis serta merokok. Mengapa? Karena hal tersebut bisa mempengaruhi pola turun berat badan yang ingin dicapai. Jika anda tidak siap dan tidak bisa mengontrol kebiasaan tersebut maka besar kemungkinan diet turun berat badan anda tidak akan berhasil maksimal. Nah kalau sudah begini jangan salahkan produk Herbalife yang tidak bagus, tapi karena anda kurang mematuhi aturan diet turun berat badan yang baik dan benar. Untuk hasil maksimal bagaimana cara mengurangi dan menurunkan berat badan patuhi aturan dan minta pendampingan dari konsultan nutrisi dan diet anda sedetil mungkin agar diet berhasil dan badan ideal langsing mulus bisa anda capai dengan cepat. Pola kebiasaan makan pada malam hari juga harus diubah dengan makan nutrisi Herbalife agar asupan nutrisi anda seimbang tetapi rendah lemak. Artinya dengan diganti nutrisi herbalife anda tidak perlu kawatir lagi Karena dipastikan berat badan anda akan turun dan biaya makan malam anda bisa digantikan dengan nutrisi herbalife.

Sebagai konsultan nutrisi kesehatan anda kami akan bantu anda setiap hari melalui sms, telp, yahoo messenger agar tiap waktu anda bisa kami pantau dan anda tidak salah dalam melakukan diet sehat dari Herbalife. JIka anda membutuhkan informasi, couching dan konsultasi gratis silahkan hubungi kami sekarnag juga, kami bantu anda menganalisa tubuh anda, kami bantu ada mengenali apa yg harus dihindari dan yang boleh dikonsumsi setiap hari agar badan anda sehat, langsing tanpa selulit dan kuat
Tips Sederhana Diet Berat Badan
Lelah mencoba berbagai tips diet berat badan tapi belum juga mendapatkan hasil yang optimal? Disini Anda akan mendapatkan langkah yang tepat diet berat badan. Diet berat badan yang akan diulas disini sangat sederhana. Hanya ada satu aturan penting yang harus Anda pegang selama menjalani diet berat badan ini yaitu batasi jumlah gula.
Gula adalah salah satu sumber glukosa yang jika berlebih akan mengakibatkan timbulnya kegemukan atau berat badan berlebih. Selama menjalani diet berat badan, Anda tetap boleh mengkonsumsi gula, namun hanya gula yang berasal dari makanan. Sebagai contoh, kandungan gula dalam nasi. Nasi jika diolah di dalam mulut dan bercampur dengan enzim di dalam ludah akan berubah menjadi glukosa. Buah – buahan segar juga mengandung gula. Makanan – makanan tersebut telah cukup memberikan asupan gula ke dalam tubuh kita. Anda harus ingat, bahwa semakin bertambah usia Anda, semakin berkurang juga kemampuan metabolisme tubuh Anda. Jika metabolisme tidak lancer, kandungan makanan yang terserap tubuh akan menumpuk dan menyebabkan timbunan lemak di tubuh Anda. Akibatnya, berat badan bertambah dan obesitas dengan berbagai ancaman resikonya mengancam Anda.
Kurangi konsumsi gula sekarang juga. Selama menjalani diet berat badan, periksa makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Susu UHT yang Anda konsumsi tentu mengandung kadar gula. Biasakan untuk selalu mengecek label makanan dan minuman Anda. Perhatikan kandungan yang tertera di label. Produk – produk yang mencantumkan keterangan rendah gula bukan berarti tidak mengandung gula. Rendah gula berarti ada kandungan gula, namun tidak sebanyak produk yang biasa. Sebagai contoh, Anda bisa menemukan satu merk minuman ringan yang menawarkan dua pilihan, klasik dan rendah gula. Jika Anda periksa labelnya, Anda akan tetap menemukan kandungan gula didalam kemasan tersebut.
Kunci dasar diet berat badan yang telah Anda pegang tadi, yaitu batasi konsumsi gula, harus diikuti dengan pola hidup sehat yang mendukung. Makan dalam porsi lengkap berupa nasi, sayur dan lauk cukup dilakukan satu kali dalam sehari, yaitu siang hari. Pada pagi dan malam hari, ganti menu makan Anda dengan segelas susu rendah lemak bernutrisi lengkap seperti produk Shake Mix milik Herbalife yang lengkap nutrisinya. Anda juga boleh mengkonsumsi semangkuk kecil oatmeal yang dicampur buah – buahan untuk makan pagi. Oatmeal justru akan membantu menyehatkan jantung Anda.

Selama menjalani diet berat badan, asupan zat – zat gizi ke dalam tubuh harus terus dijaga agar tidak mengalami defisiensi zat gizi ataupun dehidrasi. Diet berat badan akan lebih menyenangkan dengan mengkonsumsi produk Herbalife. Di Herbalife, Anda akan menemukan bahwa diet berat badan itu menyenangkan dan tidak menyiksa. Produk Herbalife tersedia dalam berbagai rasa yang tentunya menyenangkan bagi Anda, strawberry, coklat dan vanilla. Tak ada lagi anggapan bahwa makanan sehat itu tidak enak. Di sini Anda akan menemukan bahwa makanan sehat itu lezat.

Dengan menjalankan langkah sederhana di atas dalam diet berat badan, Anda akan segera melihat hasilnya.

Metode diet sehat yang tepat
Ada beberapa metode diet sehat yang berkembang di masyarakat. Baik metode diet sehat dengan cara herbal maupun dengan kombinasi ilmu kedokteran. Metode diet sehat berkembang pesat sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tren gaya hidup. Pola hidup masyarakat jaman sekarang yang cenderung dihabiskan di tempat kerja sehingga kurang olahraga. Selain itu, pola makan pun saat ini cenderung serba instan. Makanan instan seperti mie instan, yang bahkan cukup dengan air panas saja sangat tidal dianjurkan dalam metode diet sehat. Sebaiknya Anda juga mengkonsumsi makanan atau minuman bernutrisi yang memang ditujukan bagi program pengaturan berat badan.
Dalam menjalani metode diet sehat, Anda harus menekankan pada makanan dan minuman yang alami. Alami yang dimaksud tidak selalu buah dan sayuran, tetapi makanan yang diolah secara sehat. Misalnya, tomat yang akan dikonsumsi haruslah tomat yang telah bebas dari pestisida dan sisa – sisa kotoran yang lain. Untuk memastikan makanan yang Anda konsumsi bersih, usahakan memilih buah dan sayuran organik yang lebih terjaga kualitasnya. Jika tidak memungkinkan, karena harga sayur dan buah organik cenderung lebih mahal, pastikan mencuci buah dan sayuran dengan sabun pembersih khusus agar semua kotoran dan sisa pestisida yang mungkin masih menempel tidak ikut tertelan.
Metode diet sehat memang bermacam – macam. Ada yang melakukan olahraga ekstra sebagai kombinasi metode diet sehat agar berat badan cepat turun. Namun, dalam metode diet sehat yang diterapkan disini, yang terpenting adalah kombinasi makanan seimbang dan olahraga ringan secukupnya. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk menghabiskan berjam – jam waktu Anda untuk berolahraga. Tahukah Anda, bahwa jalan kaki adalah olahraga yang mudah dan ringan. Usahakan dalam sehari, Anda melakukan jalan kaki selama dua jam. Ini sangat mudah dilakukan. Jika tempat kerja Anda menggunakan lift, usahakan untuk memilih tangga. Tangga mungkin melelahkan, tapi berjalan melalui tangga jauh lebih menyehatkan. Anda bisa mencobanya mulai saat ini juga.
Tips berikutnya dalam menjalankan metode diet sehat adalah menipiskan kulit dengan lulur atau butiran scrub. Butiran scrub tidak hanya berfungsi untuk menghaluskan kulit dan membuat kulit menjadi lebih cerah. Gosokkan lembut scrub juga mampu melancarkan dan memusnahkan timbunan lemak di bawah kulit jika dilakukan secara teratur. Untuk hasil terbaik, lakukan setiap minggu dua kali, agar metode diet sehat yang dijalankan berhasil optimal.
Metode diet sehat selanjutnya adalah steam badan atau sauna. Sauna terbukti mampu melancarkan peredaran darah, sekaligus membuang sisa – sisa toksin di dalam tubuh. Anda tidak perlu melakukan sauna di tempat spa mewah, namun bisa membuat sauna mini di rumah Anda. Cukup sediakan kain sarung bersih dan ember kecil berisi air panas. Letakkan ember kecil berisi air panas di tengah – tengah kaki Anda dan bungkus tubuh Anda dengan sarung. Lakukan selama 15 sampai 20 menit untuk mendapatkan hasil maksimal. Untuk hasil yang terbaik dalam metode diet sehat, lakukan sauna 1 minggu sekali.


Dengan melakukan beberapa tips metode diet sehat di atas, dan dikombinasikan dengan asupan makanan sehat dan olahraga, badan sehat, langsing dan bugar bukanlah mimpi.

Inilah Nutrisi-nutrisi yang Dibutuhkan oleh Tubuh
Lebih dari 75% wanita tidak mencukupi kebutuhan hariannya akan vitamin atau mineral. Mengonsumsi multivitamin memang baik, namun hal itu tetap tidak akan menggantikan nutrisi yang sesungguhnya. Bahan makanan yang mengandung vitamin dan mineral akan membantu menurunkan risiko berbagai penyakit seperti kanker dan serangan jantung. Di bawah ini Anda dapat melihat jenis vitamin dan mineral apa saja yang Anda butuhkan:

Vitamin D
Mengapa diperlukan: Vitamin D membantu Anda mempertahankan tulang yang kuat, mendongkrak imunitas, dan mencegah sel-sel kanker tumbuh, demikian menurut studi dari Harvard University. Suatu panel ahli menyatakan bahwa wanita di bawah usia 50 tahun membutuhkan 10 kali lebih banyak daripada yang direkomendasikan setiap hari.

Bagaimana mendapatkannya: Minum dua gelas susu yang mengandung vitamin D setiap hari. Selain itu, berjemur di bawah sinar UV juga memicu kulit untuk memproduksi vitamin D. Berjemurlah hingga 15 menit di udara terbuka antara pukul 11.00-14.00 dua kali seminggu. Gunakan krim matahari dengan SPF 8 atau di bawahnya, kata Joan Pleuss, R.D., ahli nutrisi dari Medical College of Wisconsin di Milwaukee. Namun jangan berlebihan melakukannya, apalagi jika keluarga Anda memiliki sejarah kanker kulit.

Magnesium
Mengapa diperlukan: Kadar magnesium yang rendah bisa menyebabkan migrain saat menstruasi, dan sakit kepala saat sedang stres, serta meningkatkan risiko diabetes.

Bagaimana mendapatkannya: Untuk pemula, makan saja seperti biasa. Dalam studi terakhir disebutkan, orang dewasa yang selalu sarapan, makan siang, makan malam, dan dua snack, lebih potensial memenuhi batas diet yang direkomendasikan (recommended dietary allowance, atau RDA) untuk magnesium, daripada yang tidak melakukannya. "Jumlah magnesium dalam makanan tidak banyak, jadi makan lebih banyak akan meningkatkan perbedaannya," ujar Pleuss. Bahan makanan yang paling dianjurkan: kacang-kacangan. Se-ons kacang jenis apa pun menawarkan 20% RDA (320 mg untuk wanita di atas 30 tahun).

Zat besi
Mengapa diperlukan: Kekurangan kadar zat besi dapat meningkatkan risiko anemia dan mengakibatkan kelelahan dan kerontokan rambut.

Bagaimana mendapatkannya: Adakan barbekyu! Tiga ons daging sapi menyediakan sekitar 20% RDA (18 mg untuk wanita di bawah 50 tahun). Begitu pula bila Anda mengonsumsi kedelai, tahu, bayam, meskipun zat besi dari bahan nabati tidak diserap dengan mudah oleh tubuh. "Tambahkan salad tomat atau potongan jeruk ke menu vegetarian. Vitamin C-nya akan membantu tubuh Anda memanfaatkan zat besi," papar Dee Sandquist, R.D., seorang juru bicara American Dietetic Association.

Kalsium
Mengapa diperlukan: Kalsium sering disebut sebagai pembangun tulang, namun mineral ini juga mengurangi gejala PMS, seperti perubahan mood dan kram perut, sekitar setengahnya. Riset yang diadakan Columbia University menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kalsium dengan cukup memiliki risiko yang lebih rendah (sebesar 31%) terhadap kanker payudara pramenopause, serta menurunkan risiko sebesar 11% terhadap tekanan darah tinggi.

Bagaimana mendapatkannya: Lengkapi sarapan Anda dengan sereal atau susu, maka Anda sudah memenuhi kebutuhan kalsium Anda sebesar 51% daripada yang melewatkan sarapan atau memakan makanan lain. Pilih sereal degnan 10% atau lebih RDA (1.000 mg), makan satu sampai dua makanan berbahan susu setiap hari, dan konsumsi multivitamin yang mengandung kalsium.

Asam Folat
Mengapa diperlukan: Biasanya kita hanya mendengar bahwa asam folat dibutuhkan ibu hamil, namun semua wanita sebenarnya membutuhkannya. Riset membuktikan bahwa kekurangan asam folat akan meningkatkan risiko serangan jantung dan kanker usus besar.

Bagaimana mendapatkannya: Konsumsi salad. Wanita yang mengonsumsi salad setiap hari akan memenuhi RDA asam folat-nya sebesar 41% (400 mcg). Jika Anda hamil, ambil suplemen asam folat dengan RDA 100%.
Seperti Apakah Diet yang Sehat Itu?

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal sesuai dengan harapan dan impian adalah dengan melakukan diet. Menurut beberapa pihak, diet memang langkah yang tepat untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan proporsional. Namun, diet tak bisa dilakukan sembarangan. Salah dalam melakukan diet bisa berakibat fatal pada tubuh. Diet yang dijalankan harus sehat dan membuat tubuh tak kehilangan zat-zat yang penting. Seperti apakah diet yang sehat tersebut?


Diet yang sehat adalah diet yang tidak menyiksa kita. Diet yang sehat juga berarti diet yang tidak menyebabkan sakit. Sebenarnya, diet yang sehat itu sama saja dengan makan teratur tidak berlebihan namun juga tidak sampai kurang. Semuanya dilakukan sesuai dengan porsi masing-masing.


Pencernaan kita ini, sudah didesain untuk menampung 1/3 padat, 1/3 cair, dan 1/3 gas. Manakala pencernaan yang sudah didesain sebagai mana mestinya tersebut “dicurangi” atau diisi melebihi batas, maka yang terjadi adalah “masalah”. Dalam hal ini masalah yang akan terjadi adalah masalah obesitas atau kegemukan. Begitu pula sebaliknya, bila takaran tersebut dikurangi, maka yang akan terjadi adalah malnutrisi atau kekurangan gizi.


Lalu, bagaimana cara untuk mengurangi berat badan yang berlebihan tersebut?


Sudah dijelaskan di atas, bahwa sebagian besar dari kita akan melakukan diet untuk mengurangi berat badan. Setiap orangpun akan diet sesuai dengan keyakinan masing-masing. Ada yang hanya makan satu kali sehari namun porsinya banyak, ada pula yang tidak makan hingga berhari-hari dan hanya minum air putih saja, serta diet untuk tidak makan nasi.

Kebanyakan pula, kegiatan diet tersebut menyiksa pelakunya. Tak jarang, merekapun kadang jatuh sakit karena diet, mereka menjadi korban diet ketat.

Lalu, bagaimanakah seharusnya diet yang sehat tersebut?

Tak perlu menyiksa diri dengan alasan diet untuk menciptakan berat badan ideal dan proporsional. Diet bukanlah suatu yang menakutkan, bahkan diet itu memang harus sehat agar tidak merugikan pelaku diet.

Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk diet yang sehat tersebut, yaitu:
1. Seminggu pertama diet tidak mengkonsumsi karbohidrat
2. Seminggu kemudian diet tidak mengkonsumsi karbohidrat dan daging
3. Minggu ketika diet dari segala macam makanan dan camilan dan hanya mengkonsumsi: sayur, buah, dan air putih
Cara seperti di atas namanya diet bertahap. Kita tentunya akan kaget bila melakukan diet secara drastis. Kita membutuhkan adaptasi terlebih dahulu. Untuk itulah kita melakukan langkah-langkah seperti di atas. Tahapan-tahapan tersebut kita lakukan dengan teratur untuk hasil yang maksimal.
Ada pula cara untuk melakukan diet yang sehat dengan berpuasa. Bagi yang muslim, berpuasa itu diwajibkan di bulan-bulan tertentu. Namun sebenarnya di bulan-bulan biasa puasa juga sangat dianjurkan bahkan tak hanya untuk yang muslim. Terlepas dari masalah perintah atau kewajiban agama, bila ditengok dari sudut pandang kesehatan, puasa itu bagus untuk mengurangi lemak dan racun yang ada di dalam tubuh. Tentu saja puasanya harus teratur.

Kita ingin mencoba yang mana? Keduanya sama-sama diet yang sehat. Cobalah!

SARAPAN SEHAT
Kriteria sarapan sehat dan ideal yaitu:
  • Mencukupi semua kebutuhan gizi esensial
  • Mencukupi kebutuhan energi
  • Mencukupi kebutuhan air
  • Membantu menjaga tingkat kadar gula darah tetap normal
Pola makan tidak sehat sangat beresiko terhadap:
  • Diabetes
  • Jantung
  • kanker
  • Stroke
  • Hipertensi
  • hiperkolesterol
  • asam urat, dll
YANG MANA JENIS SARAPAN ANDA ?
Sarapan Berkabohidrat Tinggi : Nasi/Nasi Goreng/Nasi Uduk/Mie/Roti dll
Sarapan ini memicu kadar gula darah MENDADAK NAIK & pankreas bekerja keras mengeluarkan insulin untuk memproses gula darah menjadi lemak.Ini justru menurunkan kadar gula darah dengan cepat, sehingga cepat lapar dan merangsang untuk makan/ngemil. Siklus ini berulang 2-5 kali sehari, akibatnya memperberat kerja pankreas, dan menjadi salah satu alasan utama penyebab diabetes, tekanan darah tinggi, naik berat badan dll.
Tidak Sarapan
Jika tidak sarapan, gula darah turun dibawah tingkat normal dan sel-sel tubuh tidak mendapat suplai zat gizi untuk aktivitas sepanjang hari, sehingga lapar, lemas dan kurang energi. Hal ini merangsang untuk ngemil atau porsi makan siang menjadi banyak dan dan sering lapar.
Sarapan dengan Gizi Seimbang dan Cukup Protein
Sarapan ini memberikan energi dan zat gizi yang dibutuhkan tubuh TANPA meningkatkan kadar gula darah. Jadi tubuh berenergi sepanjang hari, nafsu makan dapat terkontrol dengan baik, keinginan untuk ngemil/makan berkurang,juga kerja pankreas tidak terlalu berat. Sebagai hasilnya dapat mengontrol berat badan agar tetap ideal, dan mengurangi resiko berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung, hipertensi, hiperkolesterol dll.

Tabel Sarapan Sehat 
Tabel Sarapan Sehat

TIDAK SEMPAT ? ADA SOLUSINYA !!
Sarapan SHAKE NUTRISI SELULER yang dicampur dengan buah segar
Memenuhi kriteria sarapan ideal
Memperlancar buang air besar & membantu detoksifikasi
Lezat, praktis, cukup 5 menit
Bergizi lengkap & seimbang, protein dari soya
Aman, dari cucu sampai kakek/nenek
Kenyang, berenergi sepanjang hari dan tidak ngantuk
Rendah kalori, lemak, gula, garam
Membantu meningkatkan daya tahan tubuh
Membantu mempercepat pemulihan kesehatan
sehat, fit dan berstamina
Kulit tambah kencang, tampak muda dan kinclong
Teruji dan terbukti lebih dari 30 tahun di 75 negara

6 Kesalahan Saat Merampingkan Perut

Tak bisa dipungkiri, bagian dari tubuh kita yang paling sulit diperbaiki adalah perut. Jikapun dalam posisi berdiri perut Anda terlihat ramping, begitu duduk, maka tampaklah perut yang menggelambir. Ketika Anda sudah berhasil menurunkan berat badan, bagian perut sering kali masih terlihat sedikit membuncit.

Namun, bila latihan perut yang Anda lakukan belum juga menampakkan hasil, ada kemungkinan Anda melakukan beberapa kesalahan saat melakukannya. Berikut beberapa di antaranya:

Kesalahan #1: Agar perut kencang, latihan pengencangan perut harus dilakukan setiap hari.

Perut pun butuh istirahat dan memulihkan diri. Hanya saat beristirahat, otot-otot terbangun. "Latihan perut secara konsisten tiga hingga lima hari seminggu bisa menghasilkan perut yang kuat dan kencang," kata Kathy Kaehler, trainer dan penulis buku Kathy Kaehler's Celebrity Workouts.
Kesalahan #2: Latihan perut yang baik harus dilakukan 1/2 jam.

"Jika harus memakan waktu begitu lama agar manfaatnya terasa, Anda pasti salah," kata Kaehler. Menurutnya, ia melatih Jennifer Aniston sekitar tiga hari seminggu, dan latihan perut itu sendiri dilakukan tidak lebih dari 5 menit setiap latihan. Fokuslah pada kualitasnya, bukan kuantitasnya.
Kesalahan #3. Latihan "crunch" yang sangat lambat membuat perut Anda lebih kuat.

Latihan crunch dilakukan dengan berbaring dengan lutut tertekuk, mengangkat kepala, leher, dan pundak. Otot perut dirapatkan, kemudian kepala, leher, dan pundak diturunkan kembali perlahan-lahan.

Namun, mempertahankan posisi kepala yang terangkat selama 1 menit tidak menjamin otot perut Anda lebih kuat. Bahkan, latihan perut yang dilakukan sangat lambat mungkin kurang efektif. Idealnya, latihan tersebut bisa membantu Anda melakukan gerakan lebih baik, dari kickboxing hingga mengangkat koper. Tak satu pun dari gerakan ini dilakukan dengan lambat, kan?
Kesalahan #4: Waktu terbaik untuk melatih perut adalah pada akhir sesi latihan.
"Tidak ada perbedaan fisiologis ketika Anda melatih perut (pada akhir latihan), kecuali bila Anda melakukannya secara konsisten," kata peneliti perut dan ahli terapi fisik Gilbert