Monday, November 5, 2012

Insomnia Jangan Obati Dengan Obat Tidur

Minum obat tidur untuk mengatasi insomnia bisa berakibat buruk bagi kesehatan jika dilakukan secara terus-menerus.

Delapan dari 10 kasus insomnia bisa disebabkan oleh masalah kesehatan lain seperti penyakit mental atau fisik. Penyakit-penyakit tersebut lah yang seharusnya diatasi untuk bisa menyembuhkan insomnia, ungkap Royat Pharmaceutical Society.

Menggunakan cara instan untuk mengatasi insomnia tanpa melihat penyebab insomnia itu sendiri bisa berbahaya bagi kesehatan.

Survey pada 2.077 orang dewasa menemukan bahwa 51 persen penderita insomnia membeli obat tidur dan mengonsumsinya tanpa memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu. Tiga dari 10 orang mengatakan mereka telah menggunakannya lebih dari sebulan tanpa pengawasan dokter. Sementara 14 persen bakan mengonsumsinya selama enam bulan berturut-turut.

"Sangat mengkhawatirkan, mengetahui banyak orang yang menggunakan obat tidur secara berlebihan. Obat tidur bisa digunakan untuk mengobati insomnia tahap ringan, namun seharusnya tak digunakan dalam jangka waktu yang panjang karena bisa menyebabkan masalah kesehatan serius," jelas Paul Johnson, apoteker.

Beberapa cara bisa dilakukan orang untuk menangani insomnia, seperti mengatur jadwal tidur, menghindari kafein, dan alkohol. namun jika insomnia berakar pada penyakit lain, lebih baik untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum mengonsumsi obat tidur.

Sumber :