Sunday, November 4, 2012

Ada beberapa pengertian perilaku

Ada beberapa pengertian perilaku, antara lain :

  • Sudut pandang biologis. Perilaku adalah kegiatan atau aktivitas organisme yang bersangkutan, yang dapat diamatai, baik secara langsung maupun tidak langsung. Perilaku manusia adalah suatu aktivtitas manusia itu sendiri (Seokidjo, N)
  • Sudut pandang operasional. Perilaku dapat diartikan sebagai suatu respons organisme atau individu terhadap rangsangan dari luar objek tersebut (Soekidjo, N)
  • Ensikopledia amerika. Perilaku diartikan sebagai suatu aksi –reaksi oerganisme terhadap lingkungannya. Perilaku baru terjadi apabila ada sesuatu yang diperlukan untuk menimbulkan reaksi, yaitu rangsangan. Dengan demikian, rangsangan tertentu akan menghasilkan reaksi atau perilaku tertentu (Notoatmodjo)
  • Pada hakikatnya, perilaku manusia adalah proses interaksi individu dengan lingkungannya sebagai manifestasi hayati bahwa ia adalah makhluk hidup (Sri Kusmiayati dan Desminiarti)
Kesimpulan: perilaku manusia adalah manifestasi kehidupanpsikis dan merupakan aktivitas yang timbul karena adanya stimulus dan respons serta dapat diamati secara langsung maupun tidak langsung.