Thursday, November 15, 2012

4 Alasan penting Harus Berhenti Merokok

Bosan dengan alasan kesehatan mulai yang terdengar seperti lagu lama dengan kemasan album yang baru? Coba simak sepuluh alasan berikut ini yang mungkin saja salah satu diantaranya dapat menguatkan tekad Anda untuk berhenti merokok.
  • Pernah lihat rocker yang tampil macho dengan memainkan melodi gitar dengan rokok dimulutnya? Seandainya dirinya tahu, bahwa perokok mempunyai 70% risiko gangguan pendengaran dibandigkan dengan yang tidak merokok, dia akan stress berat. Karir, apa rokok?
  • Pernah lihat model wanita tampil cool di majalah dengan rokok? Seandainya dirinya tahu, merokok setiap hari terkait dengan risiko psoriasis, dia akan pikir 18x untuk membakar rokok daripada kulitnya yang mulus berubah tampil tidak karuan. Dan semakin tinggi jumlah asap rokok per hari yaitu lebih dari 20 asap rokok per hari, akan semakin besar risiko tersebut.

Psoriasis, mau?
Psoriasis adalah sejenis penyakit kulit yang penderita nya mengalami proses pergantian (kulit) yang terlalu cepat. Kemunculan penyakit ini terkadang dalam jangka waktu lama atau kambuhan dalam waktu yang tidak menentu. Penyakit ini secara klinis bersifat tidak mengancam jiwa dan tidak MENULAR. Akan tetapi, penyakit ini dapat muncul pada bagian tubuh mana saja sehingga dapat menurunkan kualitas hidup dan mengganggu kekuatan mental penderita bila tidak dirawat dengan baik.
  • Pasti pernah dengar mengenai opini; “kalau lagi stress, justru paling enak ngerokok”, dengan ini maaf sekali, kami sampaikan berita buruk bagi orang yang sedang depresi, sebaiknya menghindari rokok. Karena aktivitas merokok justru menghambat sirkulasi darah terutama di jari-jari tagan dan kaki pada orang-orang yang sedang putus asa. Pernah terpikir kelumpuhan lokal tangan terjadi pada diri Anda?
     
  • Merokok paling enak ditemani kopi,” namun sayangnya, rokok dan kopi merupakan kombinasi menciptakan “silent killer” paling efisien dan efektif, serangan jantung. Ketika pembuluh darah rusak dan menjadi tersumbat akibat zat racun dari rokok, kafein di kopi membuat aliran darah semakin cepat yang membuat penyumbatan semakin cepat.
Jadi? Masih ingin mempertahankan rasa ‘gurih’ rokok? Mulailah berpikir waras dan jernih dan menjadi manusia sehat yang menghargai tubuh dan pemberian Tuhan yang tak bernilai yang kita miliki ini