Monday, October 15, 2012

Praktikum untuk mengetahui adanya bakteri Vibrio sp yang terdapat dalam sampel air Bor Kampung Selayar BAB 1

Bakteri terdapat ditempat dimana manusia hidup. Terdapat pada udara yang kita hirup, pada makanan yang kita makan, juga terdapat pada permukaan kulit, pada jari tangan, pada rambut, dalam rongga mulut, usus, dalam saluran pernafasan dan pada seluruh permukaan yang terbuka dan dianggap sebagai flora normal.

Vibrio merupakan jenis bakteri yang hidupnya saprofit di air, air laut, dan tanah.Bakteri ini juga dapat hidup di salinitas yang relatif tinggi.Sebagian besar juga bersifat halofil yang tumbuh optimal pada air laut bersalinitas 20-40‰.

Vibrio merupakan patogen oportunistik yang dalam keadaan normal ada dalam lingkungan pemeliharaan, kemudian berkembang dari sifat yang saprofitik menjadi patogenik jika kondisi lingkungannya memungkinkan. Bakteri vibrio yang patogen dapat hidup di bagian tubuh organisme lain baik di luar tubuh dengan jalan menempel, maupun pada organ tubuh bagian dalam seperti hati, usus dan sebagainya.

Vibriosis merupakan penyakit yang disebabkan oeh vibrio sp. Vibriosis merupakan penyakit sekunder, artinya penyakit ini muncul setelah adanya serangan penyakit yang lain misalnya protozoa atau penyakit lainnya. Pada dasarnya penyakit ini tidak begitu berbahaya, tetapi yang menjadikan bahaya justru infeksi sekunder jenis bakteri lain yang dapat memperparah penyakit tersebut dan menyebabkan kematian ikan. Berdasarkan uraian diatas maka penyaji merasa tertarik untuk untuk mengidentifikasi air jembatan tanjung.

1.2 Maksud dan Tujuan

1.2.1 Maksud

Maksud dari praktikum ini adalah untuk mengetahui adanya bakteri Vibrio sp yang terdapat dalam sampel air Bor Kampung Selayar.

1.2.2 Tujuan

Tujuan dari praktikum yang dilakukan adalah untuk mengisolasi dan mengidentifikasi bakteri Vibrio sp yang terdapat dalam sampel air Bor Kampung Selayar. 
 
Untuk lanjutanny silahkan cari di bakteriologi
Lanjutan bab II Lengkap

Kini Muncul Kotak Komentar Buat anda yang ingin mengemontari artikel Analisis Kesehatan. komentar langsung terbit Blog DeFollow...
EmoticonEmoticon