Monday, October 29, 2012

Obat Herbal Alami Daun Sirih Mengobati Sakit Tenggorokan

Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami – Tenggorokan merupakan organ tubuh yang berisi pita suara. Dari luar terlihat seperti kumpulan daging yang biasa disebut dengan lekum. Terdapat dua gejala umum dari sakit tenggorokan yaitu suara parau dan nafas yang terhambat. Banyak faktor yang mendahului dari penyakit tenggorokan. Faktor-faktor penyebab sakit tenggorokan ini bisa dikarenakan kebiasaan pola hidup yang tidak sehat atau karena adanya penyakit tertentu yang dialami. Berikut ini beberapa faktor pendahulu dari penyakit pada tenggorokan :

Sakit tenggorokan yang akut bisa disebabkan oleh penggunaan suara yang berlebihan, selesma yang akut, memakan makanan yang panas atau pedas, menghirup udara panas atau asap, merokok terlalu banyak atau infeksi.

penyakit-penyakit infeksi seperti TBC, dapat menyebabkan rasa sakit pada tenggorokan.

Banyak pengobatan dengan menggunakan obat bahan kimia yang bisa dilakukan saat anda mendatangi seorang dokter, tetapi anda bisa mengobati terlebih dahulu sakit pada tenggorokan ini dengan menggunakan obat herbal alami yang bahan dasarnya ada disekitar rumah kita. Berikut ini beberapa obat herbal alami yang bisa anda coba gunakan untuk mengobati sakit tenggorokan :
Obat Herbal Alami Tulang dan Daun Sirih
Sediakan 3 sendok makan gula batu yang sudah dihaluskan menjadi bubuk. Garam dapur secukupnya. 5 batang tulang daun sirih dan 10 tangkai bunga sirih.

Cara pembuatan ramuan: campur menjadi satu semua bahan didalam satu wadah, bisa digunakan gelas. Lalu masukkan air panas kedalam gelas dan aduk – aduklah sampai terjadi perubahan warna air didalan gelas karena larutan dari campuran bahan tadi. Setelah semua larut tunggu sampai air didalam gelas menjadi dingin atau hangat-hangat kuku, kemudian minumlah sampai habis. Minumlah ramuan herbal ini diwaktu pagi dan sore. Buat ramuan herbal untuk sekali minum dan langsung habis tidak boleh disisakan.
Obat Herbal Alami Daun Sirih
Gunakan ramuan herbal ini untuk menyembuhkan suara serak pada tenggorokan. Berikut ini beberapa bahan yang digunakan: daun sirih 125 gram, gula batu 250 gram, air sebanyak 1,5 liter.

Cara pembuatan: daun sirih direbus dengan 1,5 liter air, kemudian disaring. Kemudian masukkan gula batu kedalam hasil saringan rebusan air sirih tadi. Aduk hingga menjadi sirop. Kemudian masukkan kedalam botol yang terbuka jangan tertutup sampai menjadi dingin. Setelah dingin diminum tiga kali sehari sampai habis dalam beberapa hari.

Semoga Pengobatan alami sakit tenggorokan diatas bermanfaat dan membantu.