Saturday, October 20, 2012

Menjelaskan adab makan baik untuk kesehatan

Makan adalah kebutuhan mahluk hidup termasuk manusia. Kalau binatang makan, mereka tidak memperhatikan adab – adab karena yang ada di otak meraka Cuma ingin perutnya kenyang. Mau dia makan sambil berdiri atau sambil duduk yang penting makan, karena meraka tidak punya Akal, berbeda dengan manusia yang di beri akal sehat terutama orang muslim harus memperhatikan adab – adab makan supaya makannya itu bukan hanya mengenyangkan perut tapi juga bernilai ibadah. Pada artikel ini saya akan sedikit membahas tentang adab- adab ketika makan. Adab – adab makan diantaranya:
  1. Membaca basmalah ketika hendak makan dan hamdalah setelah selesai makan.
Kaum muslimin dan muslimah diperintahkan membaca basmalah ketika hendak makan serta memulainya dengan tangan kanan. Seperti hadis Rosul:
“Bacalah nama Alloh Swt, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di dekatmu” (Muttafaqun Alaih).
Dari Aisyah Rosul Bersabda:

Apabila salah seorang diantara kalian makan, maka hendaklah dia membaca basmalah pada permulaannya. Dan apabila dia lupa membacanya, maka hendaklah dia membaca “Bismillahi ‘alaa awwalihi wa akhirihi” (Dengan menyebut nama Alloh pada awal dan akhirnya).

     2.  Perintah memulai makan dari pinggir piring.

Dari Ibnu Abbas Ra. Nabi SAW bersabda:
“Berkah itu turun pada bagian tengah makanan, karenanya makanlah dari tepi wadah makanan dan jangan mengambil dari tengahnya” (HR. Abu Dawud dan At Tirmidzi)

Kini Muncul Kotak Komentar Buat anda yang ingin mengemontari artikel Analisis Kesehatan. komentar langsung terbit Blog DeFollow...
EmoticonEmoticon