Monday, October 29, 2012

Cara Mencegah Gigi Sensitif secara alami baik untuk kesehatan

Analis Kesehatan | Cara mencegah gigi sensitif yang perlu anda ketahui agar terhindar dari masalah gigi sensitif, cara mencegah gigi sensitif dengan memperhatikan bagaimana cara anda menjaga kesehatan gigi dan menjaga kebersihan gigi anda sehari-hari. Gigi sensitif dapat mengakibatkan rasa nyeri yang ditimbulkan pada lapisan bawah dari email gigi ini tentunya mengganggu sekali. Terbukanya lapisan tersebut dapat diakibatkan dari berbagai macam hal, pada umumnya penyebab yang lebih utama munculnya gigi sensitif ini diakibatkan dari kurang tepatnya anda dalam menyikat gigi serta gigi sensitif dapat muncul dikarenakan terdapatnya peradangan pada gusi.

Untuk mengatasi maupun cara mencegah gigi sensitif ini yang paling penting anda lakukan adalah ketika menyikat gigi, sebaiknya sikat gigi anda secara lembut dan perlahan dan kurangi tekanan yang menyebabkan terkikisnya lapisan email gigi tersebut. Gunakan juga sikat gigi yang memiliki bulu halus, agar tidak merusak lapisan email gigi yang dapat mengakibatkan gigi terasa ngilu atau sensitif.

Kesalahan yang dilakukan ketika menyikat gigi ini menjadi rentan sekali terhadap munculnya gigi sensitif, menekan sikat dengan terlalu keras tentunya menyebabkan gusi berubah bentuk. Perubahan bentuk pada gusi tersebut menimbulkan celah yang dapat merusak lapisan email gigi bagian dasar yang semakin lama jika celah tersebut semakin terbuka maka akan menyebabkan lapisan email gigi anda semakin berkurang.

Hal yang perlu diperhatikan untuk mengatasi cara mencegah gigi sensitif adalah dengan mengontrol kebersihan gigi itu sendiri. Kontrol kebersihan gigi apakah terdapat plak pada gigi, plak pada gigi juga dapat menyebabkan gigi sensitif. Lapisan plak yang didiamkan atau tidak dibersihkan akan menutupi bahkan mengikis lapisan email gigi anda. Dimana lapisan email gigi yang hilang akan menimbulkan rasa ngilu bahkan nyeri pada gigi anda. Kontrol kebersihan gigi anda dari plak dengan menggunakan obat kumur sambil menyikat gigi secara perlahan dengan menggunakan sikat berbulu halus dan lembut juga hindari menekan sikat dengan keras.

Disamping dengan mengetahui cara menyikat gigi yang benar dan mengontrol kebersihan gigi dari plak yang mampu menyebabkan gigi sensitif, hal lain yang perlu anda ketahui dalam melakukan cara mencegah gigi sensitif adalah dengan memperhatikan sikat gigi yang anda gunakan. Gantilah sikat gigi anda secara rutin dan berkala, hal ini bertujuan agar ujung bulu sikat yang anda gunakan tidak merusak atau bahkan melukai gusi anda. Ujung bulu sikat yang terlalu lama anda gunakan tentunya dapat merubah karakter dari sikat gigi tersebut, selain itu biasanya dengan sikat gigi yang terlalu lama anda gunakan biasanya menjadi lebih keras dari sebelumnya.

Bentuk perawatan terakhir yang dapat anda lakukan sebagai cara mencegah gigi sensitif ini adalah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin kondisi kesehatan gigi anda setiap 6 bulan sekali. Hal ini bertujuan agar kondisi kesehatan gigi tentunya dapat terkontrol dengan baik. Rutin memeriksakan kondisi kesehatan gigi pada dokter gigi ini selain dapat mencegah anda dari masalah gigi sensitif tentunya dapat mencegah anda dari masalah gigi pada umumnya.