Monday, October 29, 2012

4 Cara mengunyah makanan dengan benar

analis kesehatan | Kita sering disarankan untuk mengunyah makanan kita dengan benar. Namun, gaya hidup yang sibuk dan kelalaian membuat kita makan makanan dan segera menelannya. Mengunyah makanan dengan benar sangat penting karena berbagai alasan. Ini adalah hal sepele tapi justru karena hal sepele, maka banyak orang yang mengabaikannya.

Mengunyah makanan dengan baik dan tenang meningkatkan sekresi bahan kimia yang membantu pencernaan. Apalagi, jika Anda mengunyah makanan dengan benar, Anda dapat mengontrol rasa mengidam makanan Anda.
Bagaimana Cara mengunyah makanan dengan benar?
Setelah kita tahu bahwa mengunyah dengan benar itu sangat berguna, lalu bagaimana cara nya? Simak cara mengunyah dengan benar dibawah ini :
  • Potong makanan kecil2 sehingga mudah untuk dimasukkan kedalam mulut, lalu jangan biarkan mulut anda overload makanan.
  • Kunyalah makanan hingga ga berbentuk atau halus. Tidak perduli makanan kering atau berair selalu pastikan makanan sudah anda kunyah hingga halus baru anda telan.
  • Hindari menelan makanan secara langsung baik itu makanan yang memang bisa anda langsung telan atau bukan.
  • Setelah menelan makanan, biarkan hingga mulut anda kosong baru anda lanjutkan makan.
Lalu apa keuntungannya ?

Baiklah inilah 4 Keuntungan yang akan anda dapatkan jika mengunyah dengan benar :
1. Membuat Anda Merasa Lebih Kenyang
Ketika Anda makan perlahan, otak Anda mengirimkan sinyal yang membuat Anda merasa lebih kenyang. Mengetahui kapan harus berhenti makan membantu Anda untuk menurunan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan.
2. Membantu Pencernaan
Sementara mengunyah makanan, air liur Anda memecah partikel makanan dan melembutkannya. Hal ini membuat makanan dengan mudah untuk masuk ke sistem pencernaan. Alpha enzim amilase dan enzim lipase lingual dalam air liur membantu memecah karbohidrat dan lemak. Enzim ini diproduksi oleh kelenjar ludah.
3. Kebersihan Mulut
Saat Anda mengunyah makanan dengan benar, akan sangat bermanfaat untuk mulut Anda. Air liur membantu melawan bau mulut dan plag. Hidrogen karbonat dalam air liur menetralkan pembentukan plag. Selain itu, air liur juga membunuh bakteri berbahaya dan menyapu partikel makanan di sekitar gigi.
4. Banyak Mengeluarkan Air Liur
Bila Anda mengunyah makanan, Anda mengeluarkan air liur lebih banyak. Air liur ini melembutkan makanan dan membantu mengubah tekstur. Selama mengunyah, nutrisi dan vitamin dari partikel makanan diserap oleh air liur.

Hal ini menaikkan energi tubuh Anda dan memecah partikel makanan dengan lebih mudah. Seperti disebutkan, air liur membunuh bakteri yang mungkin mempengaruhi pencernaan. Jika anda mengunyah dengan tidak benar dan langsung ditelan, pencernaan membutuhkan lebih banyak waktu dan bakteri dari makanan dapat menyebabkan gas atau sakit perut.

Itulah 4 keuntungan yang harus anda perhatikan. Cobalah untuk mengubah cara makan anda dengan benar. Saya yakin jika anda membaca artikel ini pastilah anda berpikir hal sepele ini untuk apa dibahas. Jadi semua itu terserah anda.