Monday, October 29, 2012

Manfaat dan khasiat JUS SEMANGKA bagi Kesehatan

Analis Kesehatan | Semangka merupakan sumber air murni yang baik. Kandungan kalorinya rendah dan dapat berfungsi sebagai diuretik atau pembersih tubuh. Disampingitu, semangka mengandung kalium dan kalsium yang sangat baik untuk menghilangkan kolik (mulas atau rasa sakit padda perut mendadak). Kulitnya banyak mengandung klorofil yang baik untuk kelenjar dan darah.

Semangka mengandung pigmen karotenoid jenis flavonoid yang memberikan warna merah atau kuning. Pigmen ini memberikan perlindungan terhadap serangan radikal bebas merusak tubuh.

Satu gelas jus dari potongan semangka mengandung 16 mg fosfor, 11 mg kalsium, 0,1 mg zat besi, 160 mg potassium, 2 mg sodium, 940 I.U vitamin A, 3,4 mcg asam folik, 11 mg vitamin C, 17 mg magnesium, dan 11 mg seng. Kandungan flavonoidnya juga berperan sebagai anti alergi dan mempunyai kemampuan sebagai antioksidan sehingga dapat mencapai kesehatan tubuh yang optimal.

Manfaat semangka bagi kesehatan :

1. Sebagai anti kanker
2. Menahan serangan jantung
3. Mengatasi gangguan kulit

Jus semangka dapat menyembuhkan masalah perut dan mempunyai efek merdakan rasa panas dalam perut. Karena bersifat diuretik, semangka juga baik bagi ginjal dan mengurangi kerusakan kandungan kemih. Jus semangka banyak digunakan untuk mendinginkan tubuh dan pikiran serta merangsang proses peremajaan kulit.

Gangguan bintik-bintik merah pada permukaan kulit biasanya menunjukkan kondisi asam dalam darah. Jus semangka akan menggelontorkan asam ini dari sistem tubuh dan memperbarui darah sehingga kulit terlihat dan terasa lebih baik.

Jus semangka juga dapat mengobati demam, menghentikan kolik (mulas atau rasa sakit mendadak dalam perut), batu ginjal, arthritis (encok). Disarankan mengkonsumsi jus semangka dua gelas sehari untuk mendapatkan zat-zat gizi yang lebih banyak dan kesehatan yang lebih prima sambil tetep berkonsultasi dengan dokter.

Sumber : Bangun, A.P., Dr., MHA. 2004. Menangkal Penyakit Dengan Jus Buah Dan Sayuran. Jakarta. PT. AgroMedia Pustaka.