Sunday, October 28, 2012

Manfaat dan khasiat JUS NANAS bagi Kesehatan

Analis Kesehatan | Buah nanas mengandung banyak cairan. Rasa buahnya ada yang manis, manis agak asam, dan ada juga yang asam. Jus nanas bisa mencegah penyakit tendenitis atau luka otot yang disebabkan cidera saat berolahraga. Selain itu jus nanas juga dapat dipakai sebagai obat sakit tenggorokan. Jus nanas mengandung pektin, vitamin C, dan enzim bromelin. Enzim ini berkasiat untuk mengurangi rasa sakit dan memperlancar peredaran darah.

Nanas yang dipilih untuk dibuat jus harus benar-benar matang. Satu potong nanas terdiri dari 14 mg kalsium, 7 mg fosfor, 0,4 mg zaat besi, 1 mg sodium, 123 mg potassium, 60 I.U vitamin A, 34 mg magnesium, 14 mg vitamin C, dan vitamin E. Bromelin dalam nanas membantu melarutkan pembentukan lendir yang sangat kental dan mempercepat pembuangan lemak melalui ginjal. Sementara itu, kandungan klorin dalam jus nanas merangsang akrivitas ginjal embantu menghilangkan elemen-elemen racun dan kotoran didalam tubuh.

Manfaat nanas bagi kesehatan sebagai berikut :
1. Membantu pencernaan protein
2. Mengobati sembelit
3. Mengobati infeksi saluran pernafasan
4. Penghancuran lemak

Jus nanas segar sangat melegakan tenggorokan, menormalkan jumlah cairan dalam empedu, menghancurkan cacing-cacing dalam usus, dan berguna bagi kesehatan jantung. Di antara jenis buah lainnya, nanas memiliki kemampuan palin tinggi untuk melarutkan lemak dalam saluran pencernaan sehingga lemak terbawa keluar melalui feses. Enzim lain dalam nanas yang berperan sebagai anti tumor adalah peroksidase. Kandungan bromelin yang terdapat dalam jus nanas juga berkhasiat sebagai antiimflamasi (mengurangi pembengkakan) dan menguurangi rasa sakit pada gigi setelah dicabut. Jus nanas sebaiknya diminum teratur satu gelas sehari sebelum tidur.

Bagun, A.P., Dr., MHA. 2004. Menangkal Penyakit Dengan Jus Buah Dan Sayuran. Jakarta. PT. AgroMedia Pustaka.