Wednesday, October 24, 2012

AWAS minum susu Berefek negatif

Air susu Manfaat minum susu bagi kesehatan memang banyak, tapi ternyata efek negatif juga dimiliki susu. Minuman  lebernutrisingkap ini bisa mencegah osteoporosis dan menyehatkan tubuh, lalu apa efek negatifnya?
Anda para ibu yang tengah berbelanja di toko perlengkapan bayi tentu tak melupakan asupan berupa susu. Minuman dengan banyak vitamin D ini tak hanya bisa diminum segar, sering juga diolah sebagai puding, sup atau aneka kue.Ternyata dibalik kelebihan yang dimiliki susu, ada juga sejumlah efek negatif seperti berikut ini:
1. Mudah rusak Kuman mudah mencemari susu apalagi bila dibiarkan terbuka pada suhu ruang. Susu bisa cepat rusak dan terasa asam atau basi. Bakteri dan kuman paling mudah tercemar pada susu cair.
2. Menyebabkan kembung dan diare Susu memang baik namun tak semua orang cocok. Mereka yang ususnya tidka bisa mencerna laktosa karena tidak ada enzim laktase, tentu alergi susu. Faktor genetik penyebabnya hingga mengakibatkan kembung atau diare.
3. Sumber protein termahal Tak hanya susu, daging dan telur merupakan sumber protein. Sayangnya, susu menjadi sumber protein paling mahal harganya.
4. Protein susu mentah sulit dicerna Bila Anda berpendapat susu mentah lebih menyehatkan, sebenarnya salah. Susu yang melalui proses pateurisasi (pemanasan) proteinnya akan mudah dicerna. Selain itu kulitas nutrisi dalam susu tidak berkurang. Jadi susu yang diolah justru lebih mudah dicerna.