Sunday, October 28, 2012

Manfaat dan khasiat JUS BIT Bagi kesehatan

Analis Kesehatan | Bit yang baik adalah yang masih segar dan tidak berjamur. Dalam kondisi segar bit dapat disimpan dalam lemari es hingga dua minggu. Bit merupakan sumber mineral yang baik. Kandungan vitamin A-nya sangat tinggi sehingga baik untuk pembersihan tubuh, juga untuk sistempencernaan dan limfa. Kandungan zat besi yang tinggi dapat membersihkan darah dan membuang deposit lemak.

Kandungan nutrisi dari satu buah bit bulat adalah 14 mg kalsium, 0,5 mg zat besi, 23 mg fosfor, 43 mg sodium, 208 mg potassium 20 I.U vitamin A, 6 mg vitamin C, dan sejumlah kecil vitamin B kompleks. Karena kandungan besinya cukup tinggi, Bit dapat digunakan sebagai sumber zat besi yang berguna bagi penderita anemia. Jus bit juga dapat digunakan untuk mengobati hati.


Manfaat bit bagi kesehatan :
  1. Menurunkan kolesterol
  2. Menghancurkan sel tumor atau kanker
  3. Mencegah anemia
  4. Pengobatan hati dan kantong empedu
  5. Kecaanduan obat atau alkohol

Pembentuk warna merh pada bit merah adalah betaine. Betaine yang terkandung di dalam bit tersebut membantu membersihkan perut dan usus. Penggunaan jus bit secara teratur dapat membantu menyembuhkan tumor ganas. Garam mineral organik yang terdapat dalam dalam jus bit bisa membangunkembali sel-sel yang telah rusak akibat terlalu lama mengkonsumsi alkohol dan kecanduan obat.

Garam mineral dan karbohidrat dalam jus bit dapat meningkatkan sirkulasi darah keseluruh tubuh dan darah yang menggumpal dapat dihilangkan. Nutrisi dalam jumlah yang cukup hanya dapat diperoleh jika bit dibuat dalam bentuk jus. Disarankan untuk minum jus bit secara teratur sekali sehari sebanyak 100 ml sambil tetap berkonsultasi dengan dokter. Jus bit dapat dicampur dengan jus wortel dalam satu gelas.

Sumber : Bangun, A.P., Dr., MHA. 2004. Menangkal Penyakit Dengan Jus Buah Dan Sayuran. Jakarta. PT. AgroMedia Pustaka.