Friday, November 16, 2012

Permen Karet dan Jeruk Bermanfaat Pada Gigi Anak-anak

Gigi Anak-anakMakanan yang tinggi kandungan vitamin D memang menjadi pilihan utama untuk menguatkan gigi anak. Selain camilan yang perlu diperhatikan, makanan yang membunuh bakteri dalam mulut juga bisa Anda masukkan ke dalam menu makan anak.

Selain makanan yang dikonsumsi ternyata proses mengunyah makanan dapat membuat gigi anak lebih kuat karena membunuh bakteri dan memperkuat lapisan gigi. Berikut ini makanan yang perlu diberikan pada si kecil agar giginya tumbuh kuat.
1. Buah-buahan kaya vitamin C
Pilihlah buah-buahan yang tinggi kandungan vitamin C seperti kiwi, jeruk, dan stroberi. Buah-buahan ini membunuh bakteri dalam mulut anak. Jangan langsung memintanya menyikat gigi setelah makan buah bervitamin C karena kandungan asam nitrat dapat mengikis email gigi yang akan membuat gigi anak semakin terkikis.
2. Berikan Camilan Biji-Bijian
Di sela makan siang, selipkan camilan berupa biji bunga matahari dan biji kuaci. Biji-bijian mempunyai kandungan lemak alami, yang melindungi gigi dari bakteri dan memperkuat email gigi sehingga tidak rentan dan mudah berlubang.
3. Sayuran yang Gampang Dikunyah
Pilih sayuran seperti kembang kol, kacang hijau, dan wortel. Makanan ini perlu dikunyah dan proses ini membersihkan plak di gigi dan gusi setelah makan.
4. Biarkan Mengunyah Permen Karet Bebas Gula
Pilih permen karet bebas gula untuk anak, saat mengunyah permen karet meningkatkan produksi ludah di mulut, dan dapat membantu pencegahan kerusakan gigi.

Sumber :